Kemarin kita sudah membahas cara membuat toko online dengan WordPress lengkap juga dengan cara install plugin WooCommerce dan tidak lupa cara setting plugin WooCommerce, sekarang kita akan mulai dengan cara membuat dan menambah produk baru di WooCommerce.

Sebenarnya cara membuat produk baru WooCommerce sangatlah mudah, hampir sama dengan cara membuat postingan atau artikel baru, hanya saja kita perlu menyiapkan beberapa atribut dan juga hal-hal yang berkaitan dengan produk yang kita jual, misalkan harga, stok, berat, ukuran, warna dan SKU.

Cara Membuat Produk Baru WooCommerce

Sekarang langsung saja mari kita mulai membuat dan menambah produk baru di WooCommerce.

  1. Silahkan login ke dashboard WordPress
  2. Pilih menu Products -> Add New
    cara membuat produk baru WooCommerce
  3. Silahkan isi judul produk, deskripsi, kategori dan juga tags
    cara menambah produk baru WooCommerce
  4. Pada menu product data, kamu bisa memilih simple product, grouped product, external/affiliate product dan variable product, selain itu jika kamu menjual produk virtual silahkan centang bagian virtual
    cara membuat produk baru di WooCommerce
  5. Isi harga produk yang kamu jual, SKU, stok, berat, ukuran
  6. Untuk bagian atribut bisa kamu tambahkan secara manual, misalkan warna atau ukuran
    cara menambah produk baru di WooCommerce
  7. Kemudian silahkan isi bagian deskripsi pendek, serta jangan lupa tambahkan gambar produk serta galeri produk
    cara membuat dan menambah produk baru di WooCommerce
  8. Jika semuanya sudah diisi dengan baik dan benar, silahkan klik Publish dan silahkan lihat hasilnya
    tampilan woocommerce

Catatan:

Jika kamu ingin menambahkan pilihan warna atau ukuran pada pemesanan produk, bisa kamu gunakan variable product saat menambah produk baru dan sebelumnya kamu harus centang bagian visible on the product page dan used for variations.setting woocommerce variabelKemudian tambahkan secara manual pada menu Variations, kamu bisa memilih memasukkan variasi satu per satu atau secara keseluruhan.setting atribut woocommerceSetelah dipublish maka tampilannya akan seperti di bawah ini:tampilan woocommerce warna dan size

Ketika sudah checkout, maka akan terlihat seperti di bawah ini dan tinggal melakukan pembayaran via transfer bank atau pembayaran lain yang sudah kamu sediakan.

proses checkout woocommerce

Jadi seperti itu cara membuat dan menambah produk baru di WooCommerce, setelah ada yang melakukan order kamu akan menerima notifikasi orderan pada email yang sudah di daftarkan pada pengaturan plugin WooCommerce dan juga pihak pembeli akan menerima notifikasi pesanan pada email yang dimasukkan saat checkout produk.

Namun, ada juga yang tidak dapat menerima email notifikasi tersebut baik penjual ataupun pembeli. Solusinya menggunakan bantuan plugin SMTP mail, nanti akan saya bahas mengenai cara setting plugin SMTP.