Sekarang ini, konten video sudah menempati urutan pertama pada strategi konten marketing tahun 2019. Dan YouTube merupakan platform terpenting untuk blogging video (vlogging), berbagi video, dan juga video marketing. Ini adalah platform gratis yang diberikan oleh Google, dan banyak pengguna menyukainya termasuk juga saya.

Facebook dan Twitter juga tidak mau ketinggalan, baru-baru ini mencoba masuk ke dalam permainan video marketing, akan tetapi mereka masih kurang memiliki dampak seperti yang dimiliki oleh YouTube. Jika saat ini Anda memiliki channel YouTube, pasti sering bertanya-tanya bagaimana cara membuat banyak pengunjung YouTube, dan bagaimana Anda dapat meningkatkan jangkauan video YouTube Anda lebih luas lagi.

Lebih dari satu miliar pengunjung YouTube unik per bulan, pasti ada potensi pengunjung yang besar untuk setiap video yang diunggah. Baik itu video yang berupa komedi atau video tentang pakaian (fashion blogger), YouTube adalah platform pilihan untuk menonton video.

Semakin banyak bintang YouTube yang naik daun, ini jelas merupakan platform yang harus dipertimbangkan oleh semua orang yang mencari pemasaran dan publisitas online. YouTube adalah platform yang bagus bagi blogger untuk memperluas jangkauan internet mereka dengan membuat koneksi pribadi dengan para pengikut mereka.

Wajib bagi para blogger untuk memanfaatkan raksasa media sosial ini untuk mendapatkan trafik yang besar dari YouTube. Untuk melakukan semua itu, yang paling terpenting adalah dengan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Catatan: Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk membaca artikel ini, jika Anda sedang sibuk silahkan membookmarknya terlebih dahulu dan membacanya nanti!

10 Tips Cara Membuat Banyak Pengunjung Youtube di Tahun 2019

Satu tahun sudah berlalu dan jika Anda dalam membangun sebuah channel YouTube ada yang kurang tepat, inilah saatnya untuk memperbaiki channel YouTube Anda, berikut ini 10 tips cara membuat banyak pengunjung youtube di tahun 2019.

1. Tambahkan Watermark ke Video Anda

Ini adalah langkah kecil yang sangat berguna, segera lakukan untuk channel YouTube Anda. Youtube memberikan fitur untuk menambahkan watermark yang dapat ditampilkan di seluruh video Anda dan kapan saja. Cara ini bertujuang untuk dapat menambah pemirsa dan berlangganan channel youtube Anda. Seperti ini contoh watermark jika sudah diterapkan:

menambahkan watermark pada youtube
Untuk melakukan ini, cukup buka halaman Pencitraan Merek di sini dan silahkan tambahkan watermark baru.

menambahkan watermark otomatis pada youtube

Perhatian: Berbagai pilihan untuk menunjukkan watermark. Anda dapat menghapus tanda air yang ada dan menggantikannya dengan yang baru. Saya menyarankan untuk menambahkan ikon “Berlangganan” yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Anda dapat mengunduh gambar di bawah ini (.png) dan menggunakannya sebagai watermark.

logo subscribe now
2. Konfigurasikan Pengaturan Default YouTube

Ini adalah ide bagus yang bisa Anda terapkan untuk menambahkan pengingat berlangganan di semua video Anda. Sama halnya pencitraan merek, YouTube memungkinkan Anda menambahkan pengaturan default untuk semua unggahan Anda di masa mendatang. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk meminta pengguna berlangganan video Anda di semua video. Lihat gambar di bawah ini.

Baca :  Cara Daftar Google Adsense Agar Mudah Diterima

default upload youtube
Untuk mengatur konfigurasi ini, cukup buka halaman Default Upload dan tambahkan deskripsi yang ingin Anda tampilkan di semua video Anda.

Anda juga dapat mengedit atau menghapus apa pun pada saat mengunggah video. Ini merupakan sebuah langkah untuk menghemat waktu dan mengingatkan pengunjung saya untuk berlangganan channel youtube.

3. Tambahkan Channel Url Anda dengan string ajaib SML

Ini adalah langkah cerdas yang dapat meningkatkan langganan YouTube secara berkali-kali dari orang-orang yang mengeklik tautan channel Anda. Dalam trik ini, Anda akan menambahkan tautan saluran dengan “?sub_confirmation=1”

Sebelumnya: https://www.youtube.com/user/ceritanjung

Setelah: https://www.youtube.com/user/ceritanjung?sub_confirmation=1

Ketika pemirsa mengklik tautan Anda dengan string ajaib SML (?Sub_confirmation=1), mereka melihat pop-up untuk berlangganan dengan cepat ke saluran YouTube Anda. Lihat gambar di bawah ini:

berlangganan otomatis

Ini dapat menghilangkan gesekan dan memungkinkan pengguna dengan cepat berlangganan channel Anda.

Anda dapat menggunakan string ajaib SML di atas di blog, media sosial, atau tempat lain.

4. Buat Rencana dan Skrip untuk Video Anda

Langkah pertama untuk memulai perjalanan YouTube Anda yaitu dengan merencanakan tentang apa channel Anda nantinya. Maka Anda perlu merencanakan struktur video tersebut.

Pilihlah apa yang Anda sukai dan fokuslah pada pengembangan keterampilan terkait. Jangan meniru channel YouTube yang sedang trend. Karena melakukan apa yang Anda sukai lebih penting untuk kesuksesan di YouTube dan dalam kehidupan.

Video akan berkinerja lebih baik jika sebelumnya Anda menuliskan skrip, karena skrip membantu Anda mengatur video secara efisien dan membuat Anda tetap konsisten pada tujuan. Dengan tetap berpegang pada skrip, Anda akan dapat tetap berada di jalur tanpa berbelok ke topik yang tidak terkait. Skrip ini juga akan memastikan alur acara yang sempurna sehingga menghasilkan video yang terfokus dengan baik.

Masukkan sebanyak mungkin detail ke dalam skrip video Anda:

  • Kata-kata yang ingin Anda ucapkan.
  • Tindakan apa yang akan diambil dalam video.
  • Poin utama yang perlu ditekankan.
  • Kata yang diperlukan untuk mengajak (klik tautan ini, jangan lupa subscribe channel saya, dll.)

Tentukan target audiens Anda dan tulis skrip Anda berdasarkan pemahaman mereka.

Apakah mereka paham dengan bahasa yang Anda bicarakan? Apakah mereka mengerti atau tidak? Apa tingkat keahlian mereka terkait dengan Anda? Apakah mereka menginginkan sesuatu yang lucu atau informatif?

Identifikasi siapa audiens Anda dan gunakan bahasa yang sesuai.

5. Menghasilkan Konten yang Sangat Menarik.

Seharusnya tidak perlu dipertanyakan lagi untuk masalah ini, Anda harus dapat membuat konten yang menarik, informatif, dan menghibur. Pastikan tetap seperti itu selama durasi video berjalan.

Konten yang baik adalah konten yang menghibur atau informatif. Dan konten yang PALING BAIK adalah konten yang menghibur DAN informatif. Ini cukup jelas dengan segala jenis konten marketing, video yang menginformasikan dan menghibur biasanya yang paling sukses menarik pemirsa.

Baca :  Berapa RKT Laman yang Aman pada Google Adsense?

Anda harus mengunggah kombinasi video yang lagi trending dan tak terbatas waktu (evergreen). Video trending akan menjadi hal yang populer untuk waktu yang terbatas, membuat Anda mendapat hits instan, tetapi akan memudar begitu waktu berlalu.

Video Evergreen adalah video yang akan memberi Anda tampilan yang diarsipkan dan akan tetap relevan terlepas dari waktu. Idealnya, jika memungkinkan, Anda harus mencoba membuat sebagian besar konten yang selalu terbaharui.

Jika Anda takut dengan kamera, Anda dapat mencoba mengunggah video ‘Screencasts‘. Anda masih bisa membuat screencasts menghibur dan informatif. Apa pun yang Anda lakukan, sebelum menekan tombol publikasikan, pastikan video Anda sangat menarik dan akan bernilai bagi pemirsa.

6. Tingkatkan Frekuensi Unggahan Anda

Sekarang ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Alasan utama seseorang berlangganan sebuah channel adalah karena mereka menyukai karya penerbit dan ingin melihat lebih banyak video mereka. Pelanggan YouTube biasanya tidak suka channel yang memiliki konten biasa saja. Terutama di era digital saat ini, konsumen lebih menginginkan hiburan yang semakin banyak. Anda harus dapat mengikuti permintaan subscriber Anda.

Konsistensi adalah kunci untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan subscriber.

Upload video Anda secara tepat waktu, berulang, dan terstruktur. Silahkan coba untuk mempublikasikan satu video per minggu atau setidaknya satu atau dua per bulan. Patuhi jadwal Anda dan jangan unggah video dari jadwal ini. Ini akan merusak reputasi Anda. Seperti halnya menonton serial TV favorit Anda, sebuah episode baru keluar sesuai dengan jadwal reguler. Konsistensi ini membantu Anda tetap terlibat sebagai penonton.

7. Pelajari Cara Mengoptimalkan Judul

Menjadi berbeda adalah aspek terpenting dari kesuksesan YouTube. Salah satu cara terbaik untuk melakukan hal ini yaitu dengan memberi video Anda nama yang tidak biasa. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan banyak orang datang ke channel Anda berdasarkan rasa ingin tahu saja.

Memiliki judul yang unik juga akan memainkan peran besar dalam mendapatkan klik pengunjung. Tetapi Anda juga perlu sedikit belajar ke bagian SEO YouTube Marketing.

Berikut ini beberapa strategi untuk mengoptimalkan judul YouTube Anda untuk jangkauan yang lebih luas:

  • Gunakan kata kunci dalam judul. Ini memiliki dampak yang lebih besar pada SEO di masa lalu, tetapi masih memiliki efek yang cukup besar pada video. Perayap Google tidak menonton video seperti cara mereka membaca posting blog, jadi memasukkan kata kunci dalam judul akan membuat Google bot tahu tentang semua video Anda.
  • Gunakan Google Adwords untuk mengidentifikasi apa yang dicari orang di web. Cobalah untuk menangani video dengan perpaduan sempurna dari pencarian volume tinggi dan persaingan rendah.
  • Jangan terlalu panjang dalam membuat judul. Google memotong panjang judul video hingga 66 karakter dan menambahkan ‘YouTube |’ sebelum video (mengambil 10 karakter tambahan). Judul video ideal Anda tidak boleh lebih dari 50 karakter.
  • Buat judulnya deskriptif. Mengintip audiensi tentang video yang akan diputar.
  • Buat judulnya menarik. Seperti yang saya katakan di atas, memiliki judul yang unik akan membuat lebih banyak orang mengklik. Semakin banyak klik yang Anda miliki, semakin tinggi peringkatnya.
  • Jangan gunakan kata “video” dalam judul. Ini hanya akan menghabiskan ruang dan tidak akan membantu Anda peringkat lebih tinggi di mesin pencari YouTube (meskipun mungkin memiliki efek pada mesin pencarian normal).
Baca :  Cara Daftar dan Pasang Iklan Yllix di Blog

Singkatnya, pelajari cara menulis judul yang menarik, relevan, dan dioptimalkan.

8. Manfaatkan Kustomisasi Channel Sebaik-baiknya

Jika Anda ingin membuat pengunjung mempercayai brand Anda di YouTube, Anda harus memaksimalkan pilihan penyesuaian yang ditawarkan oleh YouTube. Jadikan diri Anda terlihat profesional dan pemirsa pasti akan menghormati dan mempercayai Anda.

desain channel youtube

Jika Anda sudah memiliki blog dengan sedikit pengikut, Anda dapat menggunakannya sebagai pencitraan merek yang serupa untuk saluran YouTube Anda. Ini akan membuat Anda mudah dikenali di semua platform.

Gunakan header latar belakang khusus yang menyertakan beberapa elemen desain dari blog Anda. Manfaatkan bio channel dan URL khusus YouTube untuk menyelesaikan kustomisasi saluran Anda. Pertahankan bio yang singkat dan to the point. Anda selalu dapat menautkan ke URL blog Anda di deskripsi video untuk bio yang lebih rinci.

9. Personalisasi Thumbnail Video

Ini merupakan sesuatu yang disetujui banyak YouTube Creator. Buat thumbnail video khusus untuk setiap video. Menggunakan anotasi dan gambar yang relevan sebagai thumbnail khusus untuk video YouTube Anda akan meningkatkan RKPT video Anda (klik per tayang). Thumbnail video khusus dengan anotasi minor akan memberi tahu pengguna Anda tentang semua video Anda.

membuat thumbnail youtube

YouTube saat ini menawarkan pilihan thumbnail dari tiga interval – pada tanda 1/4th, pada tanda 1/2, dan pada tanda 3/4th. Pilih salah satu yang paling menggambarkan tentang video Anda.

10. Batasi Video di Bawah 5 Menit

Meskipun YouTube mengulas video secara terperinci dan memiliki konten yang panjang, akan tetapi video yang memiliki konversi tinggi adalah video yang dioptimalkan kurang dari 5 menit panjangnya.

Panjang Video Youtube Terbaik

Comscore melaporkan bahwa pada Januari 2014 panjang rata-rata sebagian besar video di YouTube adalah sekitar 4,4 menit. Untuk pembuat video konten yang baru saja memulai, ini adalah angka emas. Ikuti nomor ini sampai Anda memiliki banyak subscriber.

Setelah Anda memiliki banyak pengikut, Anda dapat bereksperimen dengan panjang video dan melihat apa reaksi audiens Anda. Tetap singkat, sederhana, informatif, menghibur, dan di bawah 5 menit. Ini adalah tantangan yang sulit, tetapi harus sepadan dengan usaha Anda.

Nah, itulah 10 tips cara membuat banyak pengunjung youtube di tahun 2019, semoga dengan beberapa tips yang sudah saya bagikan dapat bermanfaat dan menambah pemirsa Youtube Anda.