Review SeaBank: Tiap Hari Dapat Cuan Dari Bank Digital SeaBank

Mungkin masih banyak yang asing dengar kata SeaBank? Bahkan mau transfer dari e-wallet atau rekening tertentu belum ada tujuan dengan nama bank digital SeaBank. Padahal sudah ada dari dulu loh, namanya saja yang berbeda yaitu Bank Kesejahteraan Ekonomi.

Bank Kesehatreaan Ekonomi (BKE) telah diakuisisi oleh SeaGroup pada bulan Februari 2021 dan berganti naman menjadi PT Bank Seabank Indonesia yang lebih dikenal dengan SeaBank.

Sudah hal biasa kalau kita menabung di bank pasti dikenakan biaya admin dimulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000 setiap bulannya. Alih-alih untuk menabung malah jadi habis uangnya untuk biaya admin.

Keuntungan Menggunakan Bank Digital SeaBank

Namun tidak untuk saat ini, banyak bank digital yang bermunculan di Indonesia, seperti halnya Jenius miliki bank BTPN, Bank Jago, Blu milik BCA dan SeaBank milik Shopee, mereka berebut mencari nasabah dengan menawarkan banyak kelebihan, salah satunya yaitu tanpa biaya admin dan gratis transfer ke bank lain, bahkan SeaBank memberikan bunga 7% perta tahunnya yang dibayarkan setiap hari.

Dari berbagai bank digital yang pernah saya coba, mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun hal itu sepertinya akan terus dibenahi dan selalu berkembang menjadi lebih baik. Saat ini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan dari bank digital SeaBank.

Bermula saat melihat promosi bunga 7% dibayarkan tiap hari dari SeaBank, tidak ada salahnya saya mencoba untuk mendaftar, proses pendaftarannya pun mudah dan tidak sampai 5 menit seperti bank-bank digital pada umumnya, apalagi kalau memiliki toko online dan sering berbelanja di Shopee ada keuntungan tersendiri jika mendaftar di SeaBank, salah satunya tidak ada biaya admin jika top up saldo Shopeepay dan mendapatkan 50.000 koin Shopee untuk 50.000 pengguna pertama.

Cara Daftar Bank Digital SeaBank

  • Download aplikasi SeaBank di PlayStore atau AppStore
  • Siapakan data diri, berupa ektp
  • Daftar menggunakan nomor telepon/akun Shopee
  • Isi formulir data diri Anda secara lengkap
  • Melakukan video call dengan SeaBank untuk proses verifikasi
  • Tidak sampai 5 menit, kalau data Anda tidak ada masalah akan langsung berhasil

Keuntungan Menggunakan Bank Digital SeaBank

  • Bunga tinggi 7% setiap tahunnya dan dibayarkan setiap hari
  • Gratis semua biaya admin bank ataupun top up e-wallet
  • Gratis transfer antar rekening SeaBank maupun bank lain
  • Tidak ada saldo minimum atau minimal saldo pembukaan
  • Batas transaksi transfer ke SeaBank atau bank lain sangat besar

Kekurangan Bank Digital SeaBank

Untuk saat ini saya merasakan baik-baik saja dalam menggunakan bank digital ini, hanya saja mungkin ada beberapa fitur yang masih kurang lengkap, beberapa diantaranya:

  • Belum ada kartu debit fisik maupun kartu visual yang terhubung dengan VISA
  • Belum bisa tarik tunai di mesin ATM
  • Belum ada fasilitas perencanaan keungan

Meskipun bagi saya pribadi tidak terlalu penting kartu debit fisik yang hanya mempertebal dompet dan juga sering hilang maupun tertinggal di mesin ATM, kalaupun ingin tarik tunai dari SeaBank bisa transfer terlebih dahulu ke bank lain ataupun e-wallet, sekarang sudah banyak e-wallet yang bisa tarik tunai di mesin ATM seperti halnya LinkAja dan DANA.

Kalau perencanaan keuangan sangat penting sekali sih, kadang kita butuh tabungan untuk membeli sesuatu baiknya dipisahkan dari dana utama yang ada di rekening agar tidak tercampur dan bisa tahu sudah seberapa banyak tabungan tersebut.