Pengertian CTR (Click Throught Rate) dan Page View – Kebanyakan ketika Anda melihat laporan penghasilan di Google Adsense akan selalu menemukan istilah-istilah yang kurang Anda mengerti diantaranya yaitu CTR (Click Throught Rate), bahkan Anda mungkin menganggap itu tidak terlalu penting akan tetapi CTR memiliki perhitungan-perhitungan yang sangat bermanfaat bagi Anda dan mampu membuat Anda bersemangat dalam mencari uang dari Google. CTR (Click Throught Rate) merupakan perbandingan berbentuk persentase yang berguna untuk mengkalkulasi setiap jumlah klik serta jumlah unit iklan adsense yang terlihat, jika iklan terlihat sebanyak 1000 kali, kemudian iklan itu memperoleh klik 10 kali, makan nilai CTR-nya bisa kita kalkulasi seperti berikut ini (10/1000 x 100%) = 1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan memperoleh klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan itu adalah 1%.
Nilai CTR otomatis dapat menginformasikan perilaku normal klik pada suatu unit iklan, CTR juga menjadi rekomendasi Google ataupun publisher untuk memonitor perilaku klik normal pada unit iklan yang berkaitan, nilai normal untuk CTR yaitu 0% s/d 5%, atau dapat juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik pada iklan, tetapi jika nilai CTR lebih dari 100% berarti sudah terindikasi ada aksi tidak normal atau curang, masalah itu dapat disebabkan karena ada bom klik atau klik secara terus-terusan pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus selalu memonitori serta mewaspadai jika dalam account Google Adsense kita memperoleh informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%. Jika iklan Anda terindikasi aksi kecurangan atau bomklik resikonya yaitu account adsense Anda akan dibanned, nilai CTR diatas 100% dapat terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tampil.
Selain CTR kita juga harus mengerti apa itu Page Viewe karena juga berkaitan dengan Iklan Adsense. Page View atau biasa disebut dengan Page impression (impressi) dapat kita artikan “Tampilnya halaman”, yaitu jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan dibuka oleh pengunjung blog atau website, nilainya tidak di pengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman itu, jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan sejumlah 3 unit iklan, kemudian halaman itu terlihat sebanyak 10 kali, maka Page Impressionnya tetap yaitu 10.
Arti Impression tidak hanya dikenal pada Google Adsense, tetapi di kenal juga untuk webmaster tool, jika di Google Adsense impression yaitu jumlah halaman yang mengandung unit iklan adsense terlihat, sedangkan untuk di webmaster arti impression terkait dengan jumlah halaman yang ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan pada keyword yang dijadikan persyaratan pencarian, semakin banyak impression maka itu berarti halaman dalam website kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.
- Baca juga : Memahami Istilah Pengertian CPC (Cost Per Click)
Itulah Penjelasan Mengenai Pengertian CTR dan Page View. Ketika ada seseorang bertanya mana yang lebih penting dari CPC, CTR, CPM maupun Page Viewe, sudah pasti semuanya penting tetapi menurut saya yang terpenting adalah CPC karena itu yang mempengaruhi perbedaan pendapatan Anda dengan orang lain.