Pengertian Nofollow dan Dofollow

Berbicara mengenai SEO pasti tidak asing lagi mendengar beberapa kata seperti nofollow, dofollow, noindex, doindex, meta robots dan lain sebagainya. Itu merupakan kata-kata yang memiliki peran penting terhadap perkembangan SEO, maka dari itu saya akan menjelaskan pengertian nofollow dan dofollow yang lebih mudah dipahami.

Pengertian Nofollow dan Dofollow

Nofollow adalah sebuah nilai atribut HTML yang digunakan untuk menginstruksikan bot search engine agar “Jangan mengikuti link di laman ini” atau “Jangan mengikuti link khusus ini.” Sehingga link tersebut tidak dapat mempengaruhi peringkat target tautan dalam indeks mesin pencari. Tujuannya untuk mengurangi efektivitas jenis spam search engine tertentu, sehingga meningkatkan kualitas hasil search engine dan mencegah spamdexing terjadi di peringkat pertama.

Perbedaan antara Nofollow & Dofollow

Link nofollow tidak memungkinkan bot search engine untuk mengikuti link tersebut. Artinya, jika pemilik web menuliskan link berupa nofollow, maka link tersebut tidak akan dapat diteruskan ke link selanjutnya. Hanya manusia yang bisa membaca dan meneruskan link tersebut secara manual. Beberapa waktu yang lalu Google menjelaskan bahwa mereka tidak mempertimbangkan atribut tautan nofollow dan nilai tautan tersebut benar-benar berkurang.

Contoh link nofollow:

<a href=”http://www.google.com/” rel=”nofollow”> Google </a>

Link dofollow memungkinkan google dan semua search engine untuk mengikuti link tersebut sampai pada situs web yang dituliskan. Nah, inilah yang disebut backlink. Jika webmaster menghubungkan web Anda dengan link tersebut, search engine dan manusia juga akan dapat mengikuti web Anda. Cara terbaik untuk memberi seseorang link dofollow adalah membiarkan kata kunci berupa sebuah teks yang ada link di dalamnya. Yang berarti ketika Anda menautkan ke situs web atau halaman apa pun, gunakan kata kunci yang ditargetkan sebagai teks tautan.

Baca :  Cara Daftar Google Adsense Agar Mudah Diterima

Contoh link dofollow:

<a href=”http://www.google.com/”> Google </a>

Tidak lama ini Google mengatakan bahwa mereka masih akan menghitung link nofollow sebagai tautan keluar dalam hal distribusi peringkat halaman dari halaman Anda. Meskipun demikian juga tergantung di mana tautan nofollow ditempatkan. Menempatkan tautan nofollow di bagian bawah halaman memiliki dampak terkecil, dan ketika ditempatkan di bagian atas halaman, itu membawa beberapa dampak yang lumayan besar.

Beberapa jenis link nofollow

  • Robots Meta Tag: <meta name = “robots” content = “nofollow” />

Ini memberitahu bot/crawler/spider untuk tidak mengikuti tautan pada halaman penuh.

  • Tautan Atribut: <a href=”http://www.google.com” rel=”nofollow”>

Ini memberitahu mesin pencari untuk tidak menghitung tautan dalam hal halaman peringkat.

Jika Anda tidak dapat atau tidak ingin menjamin konten laman yang Anda tautkan dari situs, seperti halnya komentar pengguna atau entri buku tamu yang tidak dapat dipercaya, maka hal ini dapat Anda terapkan nofollow pada tautan tersebut. Agar dapat menghindari pelaku spam sehingga tidak menargetkan situs Anda dan akan membantu menjaga situs Anda supaya tidak melewati PageRank secara tidak sengaja dan masuk ke lingkungan yang buruk di web.

Pelaku spam komentar tidak akan menuliskan atribut link tertentu ke dalam komentar jika mereka mengetahui bahwa laman tersebut menggunakan link nofollow. Jika Anda ingin memberi penghargaan pada kontributor/komentar yang dapat dipercaya, Anda dapat secara otomatis atau manual menghapus atribut nofollow di tautan yang diposkan oleh anggota atau pengguna yang secara konsisten memberikan kontribusi berkualitas tinggi.