Pada tanggal 10 Mei kemarin Xiaomi secara resmi merilis antarmuka terbarunya, MIUI 8 dan bersamaan memperkenalkan phablet Mi Max. Perusahaan asal China itu mengumumkannya, lengkap dengan penjelasan mengenai berbagai fitur barunya, dalam sebuah acara di Beijing, Selasa (10/5/2016).

MIUI 8 Resmi Dirilis, Banyak Fitur Menarik yang Perlu Anda Ketahui

Saat peluncuran perdananya nanti, baru akan tersedia di China dan hanya bagi kalangan developer atau pendaftar saja. Xiaomi berencana untuk membuka pendaftaran sistem operasi ini pada 16 Mei 2016 mendatang. Kemudian perilisan versi beta baru di buka pada 1 Juni mendatang, diikuti dengan versi developer pada 17 Juni. Meski sudah diumumkan di China, Xiaomi masih belum menjelaskan waktu peluncuran untuk negara lain, termasuk juga di Indonesia.

  • Baca juga : Alasan Mengapa Memilih Xiaomi

Fitur Terbaru MIUI 8 Multi Window

Daftar Xiaomi yang dapat Update MIUI 8

Pada 1 Juni mendatang semua varian Redmi, Redmi Note, Mi Note, Mi 2, Mi 2s, Mi 4, Mi 4C, Mi 4S, dan Mi 5 akan merasakan antarmuka baru, MIUI 8. Menurut kabar yang beredar tidak disebutkan nama Mi 4i? Karena ponsel ini sendiri tidak dirilis di China dan sistem operasi baru tersebut baru tersedia di China, yang pasti Mi 4i belum kebagian sistem operasi terbaru ini. Akan tetapi jangan khawatir jika MIUI 8 versi global sudah dirilis, kemungkinan besar Mi 4i akan mendapatkan update itu.

Daftar Xiaomi yang dapat Update MIUI 8

Fitur Terbaru MIUI 8

  1. MIUI 8 menggunakan basis Android 6.0 yakni Marshmallow dan mendukung fitur multi-window untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan lebih dari satu.
  2. Selanjutnya Xiaomi mengeluarkan fitur wallpaper carousel yang mana dapat mengganti wallpaper atau tema secara otomatis berdasarkan cuaca, pada menu galery juga menyediakan opsi editing foto secara lebih lengkap dari sebelumnya, seperti doodling, stiker dan filter, kemudian adanya akses untuk memotong video atau menambahkan musik tanpa menggunakan aplikasi tambahan.
  3. Selain itu juga ada perubahan desain untuk huruf dan angka yang dinamakan Mi Lanting yang dirasakan dapat membuat pengguna lebih nyaman untuk membaca dalam waktu lama.
  4. Sementara dalam meningkatkan performa baterai dan keamanan, Xiaomi sudah mengoptimalkan fitur power saving. Fitur ini dapat memblokir aplikasi yang tidak Anda izinkan untuk berjalan sehingga akan benar-benar berhenti bekerja termasuk juga sinkronisasi email dan aplikasi pihak ketiga. Tidak hanya saat mode power saving aktif, MIUI 8 juga dapat membatasi akses dari aplikasi yang tidak penting, di saat yang sama memberikan ruang lebih untuk memori dan daya tahan baterai yang lebih lama.
  5. Salah satu fitur yang unik pada MIUI 8 adalah kamera belakang yang diklaim dapat menjawab beragam soal matematika. Namun, perlu diketahui bahwa soal tersebut harus menggunakan bahasa Mandarin. Sofware untuk kamera belakang ini nantinya akan menampilkan langkah-langkah untuk menjawab soal yang terlihat.
  6. Bagian kamera, MIUI 8 kini dilengkapi dengan scanner barcode atau QR code. Jadi Anda dapat langsung men-scan barcode menggunakan aplikasi kamera tanpa perlu men-download aplikasi pihak ketiga. QR Code memungkinkan MIUI 8 membaca barcode sebuah produk ketika pengguna sedang berbelanja di sebuah toko. Setelah memindai barcode barang tersebut, MIUI akan mencarikan referensi penjual yang memasarkannya secara online.
  7. MIUI 8 juga memiliki aplikasi Note yang dapat dikunci dengan sangat aman. Pengguna dapat memakai sidik jari mereka sebagai kunci, sehingga catatan tersebut tidak dapat dibuka oleh sembarang orang.

Fitur Terbaru MIUI 8

Itulah beberapa fitur MIUI 8 yang perlu anda ketahui, bagi pengguna xiaomi pastinya sudah tidak sabar untuk menunggu kedatangannya di Indonesia. Dan dari ulasan diatas semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

  • Baca juga : Cara Menemukan Xiaomi yang Hilang