Ingin mendapatkan featured snippet di pencarian Google? Ingin tahu apa itu featured snippet google?

Seperti inilah contoh dari featured snippet di pencarian Google:

Beberapa dari seorang blogger, SEO spesialis maupun internet marketer akan selalu mengoptimalkan situs mereka dengan berbagai macam strategi SEO, menambah dan meningkatkan kualitas konten dan juga selalu membuat backlink, tapi ada satu hal yang sering diabaikan oleh mereka yaitu masuk dalam posisi 0 atau disebut juga dengan Google featured snippet.

Apa itu featured snippet?

Featured Snippet adalah sebuah jawaban yang tampil pada search engine Google dalam bentuk kolom cuplikan di bagian atas halaman hasil penelusuran Google (SERP). Ketika seseorang mengetikkan pencarian tertentu (biasanya query dalam bentuk pertanyaan). Kolom cuplikan ini berisi ringkasan jawaban dari sebuah situs, link ke halaman, judul halaman, maupun URL. Terlihat seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Mengapa featured snippet sangat penting? Bagaimana dapat meningkatkan pengunjung website? Dan bagaimana membuat website Anda muncul dalam hasil ini?

Saya akan coba jelaskan!

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang featured snippet yang dapat membantu situs Anda mendapatkan fitur ini pada pencarian Google.

  1. Rata-rata 13% dari semua kata kunci Google menampilkan featured snippet di bagian atas hasil pencarian.
  2. Sekitar 97% featured snippet menjawab pertanyaan pengguna dengan benar.
  3. Anda dapat melihat 4 jenis featured snippet di SERP:
    • Paragraf (Teks)
    • Daftar (bernomor atau berpoin)
    • Tabel
    • Video (dari YouTube)
  4. Pencarian dalam bentuk suara memperoleh jawabannya hampir secara eksklusif dari featured snippet. Faktanya, lebih dari 85% Paragraph snippet menghasilkan jawaban suara (Sumber: Moz).
    pencarian suara featured snippet
  5. Lebih dari 99% featured snippet diberikan ke URL yang sudah diberi peringkat di halaman 1 Google untuk kata kunci yang dimaksud. 31% dari peringkat #1 itu.
  6. Halaman yang memiliki kata kunci peringkat #1 akan mendapatkan featured snippet 28% dari semua klik (berbeda dengan 26% ketika tidak ada featured snippet). Ketika situs lain muncul di featured snippet, URL di bawahnya pada peringkat #1 hanya mendapatkan 19% dari klik (Sumber: Ahrefs).
  7. Lebih dari 85% featured snippet disebabkan oleh kata kunci panjang (long tail) yang memiliki volume pencarian bulanan kurang dari 100.
  8. Google juga akan menunjukkan beberapa pilihan dalam featured snippet tertentu, yang dapat mempersempit kueri Anda untuk mendapatkan jawaban yang lebih spesifik.
  9. Saya belum pernah melihat lebih dari dua cuplikan featured snippet.
Baca :  Pengertian dan Manfaat Disqus

Cara Mendapatkan Featured Snippet di Pencarian Google 2019

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan featured snippet. Berikut ini faktor yang mempengaruhinya:

  1. Targetkan kata kunci dengan pertanyaan. Kueri yang dimulai dengan kata-kata pertanyaan seperti “apa” atau “mengapa”. Secara keseluruhan, pertanyaan menunjukkan peningkatan 480% dalam persentase kata kunci featured snippet.
  2. Konten dalam kisaran rata-rata 35 hingga 50 kata memiliki peluang untuk muncul di kolom cuplikan jawaban (dalam hal paragraf snippet). Misalnya, untuk snippet “seo adalah” yang ditampilkan di awal tulisan sebanyak 37 kata.
  3. Google akan memangkas sebuah daftar yang terdiri dari sekitar 8 item dalam sebuah cuplikan, jadi buatlah daftar yang lebih panjang untuk menarik pengguna agar ingin mengklik ke situs Anda.
    cara membuat daftar featured snippetJuga berlaku untuk daftar tabel.
  4. Gunakan lebih banyak konten visual. Dalam sebuah studi SEMrush featured snippet memiliki rata-rata 12 gambar (dengan teks ALT yang sesuai) dalam konten. Saat melakukannya, gunakan gambar bentuk landscape dengan rasio aspek 4:3.
  5. 83% dari semua situs dengan featured snippet menggunakan HTTPS. Jika Anda masih menggunakan HTTP, segera pindah ke HTTPS terlebih dahulu.
  6. Hal lain yang dapat mendorong featured snippet yaitu memiliki halaman skor minimum 95 pada tes Google Mobile Friendly dan Google Mobile Usability (memerlukan akses Search Console).
  7. Jangan mencoba dan memperbanyak link juice. Halaman yang mendapatkan featured snippet untuk beberapa kueri cenderung memiliki 30 hingga 40 kutipan tautan keluar dalam konten.
  8. Buatlah semudah mungkin untuk dimengerti oleh pembaca. Jawaban dalam featured snippet cenderung memiliki tingkat keterbacaan tingkat 7 atau kurang (skor minimum 70/100).
    website mobile friendly
  9. Tingkatkan site authority. Hasilkan lebih banyak tautan dari domain tepercaya.
  10. Terapkan markup skema pada halaman Anda menggunakan JSON-LD (format yang direkomendasikan oleh Google). Menunjukkan peringkat, headline, dan deskripsi secara eksplisit dengan cara ini membuat pekerjaan Google jauh lebih mudah.
  11. Situs-situs top yang mendapatkan “featured snippet” semua memiliki satu kesamaan yaitu mereka menyediakan banyak informasi.
  12. Pisahkan setiap bagian dari posting blog Anda menjadi pos dan sub-pos. Gunakan tag H1 hingga H6 sebanyak yang diperlukan untuk memperjelas struktur dan hierarki artikel Anda.
Baca :  Tampilan Dashboard Blogger Kini Diperbarui, Lebih Luas dan Singkat

Jadi seperti itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi website Anda tampil pada featured snippet, saya telah memberikan beberapa tips agar mendapatkan featured snippet yang semoga dapat bermanfaat untuk memaksimalkan website Anda dalam mesin pencarian Google. Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar page Anda muncul pada Featured snippet Google, beberapa yang sudah saya jelaskan di atas, tinggal mengembangkannya saja untuk masalah penulisa H1 dan H2, menambah banyak daftar list/tabel.

Jika website Anda berhasil meraih kepercayaan Google, itu akan memberikan dampak positif bagi website Anda diantaranya menaikkan rank website di halaman hasil pencarian. Seiring berjalannya waktu pengunjung website Anda juga dapat meningkat seiring banyaknya CTR yang dihasilkan.