Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

Nama domain atau yang biasa disebut dengan alamat website merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia online untuk ditentukan sejak awal agar mudah diingat, karena untuk ke depannya tidak akan bisa diganti dan harus membelinya dengan domain baru lagi jika Anda salah dalam menentukan. Sebenarnya sangatlah mudah dalam memilih nama domain akan tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan menurut fungsi dan kegunaannya, misalkan membeli domain untuk blog pribadi, perusahaan, online shop, instansi pendidikan dan pemerintahan haruslah memperhatikan beberapa aspek-aspek yang nantinya akan saya bahas dibawah ini.

Saya juga pernah berdebat bersama teman dalam menentukan ekstensi domain apa yang ingin dipakai? Berawal dari tahun 2017 ini, dimana pemerintah memberikan domain nasional secara gratis dengan syarat dan ketentuan, sebenarnya tidak ada masalah jika Anda membeli atau mendapatkan domain nasional secara gratis, akan tetapi perlu diperhatikan jika Anda masih baru-baru memakai domain Top Level Domain (TLD) tersebut, misalkan untuk coba-coba ya silahkan saja akan tetapi jika untuk usaha dalam jangka panjang atau branding sebuah blog pribadi mendingan jangan membelinya karena biaya perpanjangnya akan sangat mahal, seperti domain berekstensi .id, kalau saran saya lebih baik membeli domain dengan ekstensi .com saja karena sudah banyak yang menggunakan dan juga biaya perpanjangnya tidak begitu mahal bagi pemula. Tidak seperti domain .id yang mana perpanjangnya bisa menghabiskan dana sekitar Rp. 500.000,- Bagaimana nantinya jika website Anda sudah ramai pengunjung akan tetapi belum ada dana untuk memperpanjang domain tersebut? Sungguh sayang sekali bukan? Anda harus merelakan website tersebut terhapus, berbeda lagi jika biaya perpanjangnya murah pasti kita dapat mengusahakannya.

Oke, sekarang kita kembali ke pokok permasalahan bagaimana tips memilih nama domain yang bagus? Sebelumnya kalian tentukan dulu ekstensi apa yang ingin digunakan, misalkan .com .net .co.id .ac.id .info .org atau yang lainnya, bisa Anda baca Pengertian dan Sejarah Website untuk mengetahui fungsi domain nasional. Setelah itu barulah perhatikan aspek-aspek dibawah ini.

Baca :  Langkah Sukses dalam Membangun Digital Marketing

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus dan Benar

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

1. Gunakan Top Level Domain (TLD)

Sebisa mungkin gunakan Top Level Domain (TLD) yang ber-ekstensi .com untuk nama domain Anda karena itu yang paling mudah diingat. Jangan gunakan domain gratisan seperti .GA .ML .TK karena itu tidak sepenuhnya gratis, jangan kaget jika di suatu saat ada biaya yang tak terduga, apalagi jika nantinya kena banned Google karena domain gratisan biasanya sering dipakai untuk spam.

2. Pilih nama domain yang mudah diingat dan popular (Brandable Domain)

Saya sarankan menggunakan nama domain yang brandable (mengutamakan branding) dari pada Exact-Match Domain (EMD) domain yang menggunakan keyword/kata kunci untuk ditargetkan nomer satu dalam mesin pencarian, kalau dulu memilih nama domain yang sesuai dengan keyword itu hampir wajib tapi sekarang sudah tidak terlalu dominan karena lebih mementingkan aspek popularitas domain dan konten.

Contoh domain yang menggunakan kata kunci (EMD) www.cara-membuat-blog.com yang ditargetkan dapat menjadi rangking nomer satu dengan kata kunci “cara membuat blog”. Sedangkan contoh domain yang brandable yaitu google.com, facebook.com, twitter.com, dll.

3. Hindari memakai merk dagang perusahaan lain

Biasanya seseorang sering mengabaikan masalah ini dan jika Anda coba-coba memakai domain atau mirip merk dagang perusahaan lain siap-siap untuk dihubungi dan dituntut oleh perusahaan tersebut. Jadi alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu domain tersebut terdaftar trademark atau belum. Anda bisa mengeceknya di trademarkia.com.

4. Jangan gunakan nama domain yang buruk

Perlu diperhatikan jangan pernah menggunakan domain yang mengandung SARA atau P*RN apapun alasannya karena akan berakibat fatal pada website Anda dan itu mencerminkan diri Anda sendiri. Search engine google akan berorientasi pada kata kunci dan jika website Anda terdapat kata kunci yang buruk maka bisa saja website Anda akan di blacklist dan tidak ditemukan di search engine google, kemudian akan berdampak menurunnya jumlah pengunjung website Anda.

Baca :  Mengenal Konsep Digital Agency di Indonesia

5. Hindari penggunaan karakter dan angka

Penggunaan tanda minus, angka ataupun huruf tambahan dapat mempersulit orang lain untuk mengetikkan nama website Anda, misalkan ada yang tanya “nama websitenya apa? dijawab google minus Indonesia dot com”, nanti malah keliru ditulis googleminusindonesia.com seharusnya kan google-indonesia.com belum lagi penambahan angka-angka yang akan semakin ribet.

Penambahan karakter atau angka juga akan mempengaruhi kekuatan SEO pada website Anda, jika terpaksa menggunakan maka gunakanlah tanda penghubung saja (-).

6. Jangan membeli domain bekas

Apa ada domain bekas? Maksudnya nama domain yang sebelumnya pernah didaftarkan atas nama orang lain kemudian domain tersebut sudah habis masa aktifnya (expired) dan bisa didaftarkan kembali. Boleh saja Anda menggunakan domain bekas tetapi alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu, siapa tahu domain yang ingin Anda beli bekas website spam ataupun memiliki konten-konten buruk sehingga mengakibatkan di blacklist oleh mesin pencari Google.

Untuk mengecek domain tersebut bekas atau tidak bisa Anda kunjungi alamat whois.domaintools.com. Sedangkan untuk mengecek nama domain tersebut pernah terkena banned atau belum bisa Anda kunjungi alamat isbanned.com.

7. Membeli domain di tempat terpercaya

Memilih tempat untuk membeli sebuah domain juga termasuk langkah penting, karena jangan sampai Anda terpengaruh dengan harga murah tetapi tidak jelas asal-usulnya, karena saya juga pernah mengalami membeli sebuah domain di salah satu teman facebook, setelah saya pakai kurang lebih 2 minggu ternyata domain tersebut kena banned untung saja penjualnya bisa dimintai tanggung jawab dan memberikan ganti rugi uang kembali atau beli domain lagi.

Ada beberapa registrar penyedia nama domain terpercaya di Indonesia yang saya rekomendasikan dan sudah pernah saya coba, diantaranya yaitu:

  • idwebhost.com
  • niagahoster.com
  • dracoola.com
  • rumahweb.com
  • qwords.com
  • dll
Baca :  Cara Mudah Memasang Komentar Disqus di Wordpress