Review dan Pengalaman Belanja Online di Bukalapak

Sudah pernah berbelanja di marketplace Bukalapak? Saya kira sudah banyak yang pernah berbelanja disana, apalagi saat ini iklannya sering nongol di TV, Youtube, Facebook bahkan di mobil-mobil angkutan umum. Nah, untuk saat ini saya akan review dan pengalaman belanja online di bukalapak.

Review dan Pengalaman Belanja Online di Bukalapak

Pertama, hal yang harus diperhatikan adalah tampilan. Bagaimana tampilan dari bukalapak.com? Saya kira tampilan bukalapak sudah sangat lengkap dan sudah mewakili dari tujuan situs marketplace tersebut yaitu untuk jual-beli serta pengembangan fitur-fitur terbaru seperti pengisian pulsa, paket data, token, voucher game dan pengisian saldo buka dompet semuanya sudah ada di halaman awal, selain itu juga terdapat beberapa fitur menarik terkait produk, seperti promo produk untuk hari ini.

test website bukalapak menggunakan google pagespeed insights versi dekstop

test website bukalapak menggunakan google pagespeed insights versi smartphone

Setelah tampilan, hal yang harus diperhatikan adalah kecepatan akses website karena ini sangatlah berkaitan antara kecepatan dan tampilan, dua elemen ini sangat penting sekali untuk memiliki banyak pengguna ataupun pengunjung salah satunya saja ada yang kurang itu akan berakibat pada penurunan jumlah visitor atau pengguna. Untuk website bukalapak sendiri lumayan cepat dalam menampilkan seluruh produk berdasarkan pencarian, seperti yang sudah saya test menggunakan Google PageSpeed Insight mendapatkan hasil 62/100 (respon server 0,96 detik) untuk tampilan selular. Dan 52/100 (respon server 1,1 detik) untuk tampilan dekstop. Setelah melakukan pencarian kita dapat memilah produk secara lebih detail sesuai dengan keinginan menggunakan beberapa menu dibawah ini:

pencarian bukalapak

Keterangan: 

  • Promoted Products: Dari gambar di atas terdapat tulisan Promoted Products yang saya kasih tabel warna biru, itu merupakan premium akun. Jadi setiap melakukan pencarian berdasarkan kata tertentu akan selalu tampil di halaman pertama.
  • Untuk pencarian lebih detail yang berada di samping kiri gambar, akan saya jelaskan satu per satu dibawah ini.
Baca :  Susahnya Komplain ke CS Bukalapak

1. Kategori
Agar mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik, kita dapat menggunakan menu kategori produk.

2. Kondisi
Kondisi ini terdapat 2 pilihan, yaitu baru atau bekas. Anda juga diperkenankan memilih kedua-duanya untuk ditampilkan.

3. Penyedia gratis ongkos kirim untuk daerah tertentu
Silahkan gunakan menu ini, untuk mengetahui penjual yang menggratiskan ongkos kirim ke daerah Anda.

4. Dikirim dari
Menu ini membantu Anda untuk mencari penjual dari daerah tertentu.

5. Jasa pengiriman
Jika Anda mempunyai jasa pengiriman pilihan yang rekomended dan selalu cepat sampai kalau kirim barang ke rumah silahkan gunakan menu ini, untuk memilih jasa pengiriman kesukaan Anda. Ada JNE, TIKI, Pos, Wahana, Gojek, Dll.

6. Rentang Harga
Mencari barang sesuai dengan budget Anda? Silahkan gunakan menu ini untuk menyesuaikan berapa minimal dan maksimal budget Anda untuk membeli sebuah barang tersebut. Yang pasti jangan terlalu murah, sesuaikan dengan pasaran harga, agar dapat menampilkan produk dengan tepat.

7. Rating Barang
Rating barang ini berdasarkan kepuasan pelanggan yang sudah berbelanja dan memberikan rating di salah satu penjual, Anda dapat memilih rating paling banyak untuk melihat kepuasan pelanggan terhadap produk itu.

8. Lainnya (Diskon, Cicilan, Grosir, Top Seller, Premium Seller
Menu ini sebagai tambahan untuk menampilkan produk berdasarkan penjual yang memberikan diskon, harga grosir, cicilan dan juga penjual yang terdaftar dalam program premium seller.

Selain menu di atas Anda dapat mengurutkan pencarian produk berdasarkan Relevansi Terbaru, Termurah, Termahal dan Terlaris yang terletak di bagian kanan-atas.

Untuk berbelanja sesuatu Anda bisa mendaftar akun bukalapak terlebih dahulu atau bisa langsung berbelanja tanpa mendaftar dengan mengisikan data diri dan alamat secara lengkap. Sangat mudah sekali kan untuk berbelanja di bukalapak. Akan tetapi menurut saya masih ada beberapa PR yang perlu diselesaikan oleh bukalapak, apa sajakah itu? Akan saya jelaskan dibawah ini:

Baca :  Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting di Media Sosial?

1. Jika Anda menjadi penjual, pasti akan merasakan berat atau loading yang sangat lama dalam melihat barang dijual, hal itu mungkin saja bisa disebabkan karena banyaknya rincian produk yang ditampilkan untuk di edit agar lebih mudah, akan tetapi hal itu malah membuat website menjadi berat.

2. Tidak ada fitur dropship, sebenarnya ini juga dapat meningkatkan pengguna bukalapak untuk berjualan dan melakukan pembelian fitur “Premium Account”. Tapi entahlah, mungkin tanpa adanya fitur dropship akan membatasi penjualan barang yang sejenis (dropshiper).

3. Tidak ada fitur gratis untuk Push (menempatkan produk di halaman awal berdasarkan kata kunci yang sesuai judul), fitur ini hanya tersedia berbayar.

4. Hati-hati jika Anda ingin berbelanja di bukalapak tanpa login atau tanpa mendaftar terlebih dahulu (Quick Buy), pastikan email Anda sudah benar. Sebab jika penjual menolak pesanan, akan dikirimkan email konfirmasi untuk pencairan dana karena penjual menolaknya dan jika Anda lupa alamat email yang tadi Anda gunakan untuk transaksi maka barang tidak akan datang dan uangpun masih ditahan di bukalapak.

5. Dalam menanggapi masalah pelanggan saya rasa masih kurang respon, beberapa hari yang lalu saya melakukan pengaduan masalah nomer telepon yang tidak dapat digunakan dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama bagi saya.

Itulah beberapa kekurangan bukalapak menurut saya, namun jika kita hanya membahas kekurangannya saja itu kurang baik karena bukalapak sendiri juga memiliki banyak kelebihan dan fitur-fitur menarik yang perlu untuk Anda ketahui, berikut ini akan saya bahas beberapa kelebihan bukalapak:

1. Akun-akun yang online akan terlihat, ketika Anda sudah pernah mengirim pesan dengan mereka, tampilannya seperti chat facebook.

Baca :  Pengguna Aktif Twitter Terus Menurun

2. Dapat berbelanja langsung tanpa mempunyai akun bukalapak, akan tetapi hal ini juga memiliki resiko yang sudah saya jelaskan di atas tadi. (Baca keuntungan bukalapak No.4).

3. Anda dapat mencentang “Penggantian Barang” pada saat awal berbelanja, jadi jika ada penolakan dari penjual maka akan dialihkan secara otomatis ke penjual lain, misalkan harganya lebih mahal itu akan di tanggung oleh pihak bukalapak.

4. Untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat menggunakan fitur berbayar yaitu “Premium Account”, tersedia 3 pilihan dengan berbeda-beda keuntungannya. Anda dapat melihatnya secara langsung di website bukalapak.

Kalau seperti ini kan terlihat lengkap, ada kelebihan dan ada juga kekurangannya, karena sebuah sistem tidak ada yang sempurna dan juga setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda, jika baik kenapa tidak kita ubah untuk menjadi lebih baik. Begitulah review dan pengalaman belanja online di bukalapak menurut saya dan sebenarnya masih banyak lagi kelebihan marketplace bukalapak yang belum bisa saya bahas satu per satu dalam postingan ini, karena setiap saat pasti ada inovasi terbaru seperti fitur BukaIklan (untuk beriklan di facebook) dan BukaReksa (produk Reksa Dana bagi pengguna Bukalapak untuk berinvestasi). Website bukalapak ini saya akses pada tanggal 22 Januari 2017 menggunakan Google Chrome dan Mozilla Firefox pada tampilan dekstop.