Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian SEO (Search Engine Optimization), dan bagi Anda seorang blogger wajib mengetahui tentang apa itu SEO, pengertian SEO, jenis optimasi SEO, jenis tehnik SEO untuk mengoptimasi sebuah blog atau website. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari mempelajari sebuah tehnik SEO, salah satunya kita akan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari Google, Yahoo, Bing dengan melakukan optimasi SEO pada artikel kita supaya dapat menempati posisi pertama di hasil pencarian.

Apa itu SEO? – Pengertian dan Definisi SEO

SEO kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau tehnik yang dilakukan pada sebuah blog atau website yang bertujuan untuk menarik dan meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencarian (Google, Yahoo dan Bing) menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO agar website atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian. Selain itu kita juga bisa menargetkan dengan kata kunci tertentu pada posisi pertama mesin pencari.

Contoh SEO

Berikut ini saya akan memberikan contoh salah satu blog saya tentang Baju Bola, kemudian saya optimasi agar berada pada halaman pertama dengan pencarian kata kunci “Jasa Printing Jersey Surabaya”. Dengan tehnik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “Jasa Printing Jersey Surabaya”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil blog tersebut dapat ranking satu dari 155.000 website/blog dengan kata kunci yang saya targetkan tersebut.

Contoh SEO
Bagaimana? Apakah Anda sudah sedikit paham mengenai pengertian SEO yang sudah saya jelaskan diatas beserta contohnya, kalau belum Anda bisa membacanya lagi.

Jenis Optimasi SEO

Optimasi SEO terbagi menjadi dua jenis, pertama yaitu optimasi SEO on page dan kedua optimasi SEO off page.

1. Apa itu optimasi SEO on page?

Pengertian dan definisi optimasi SEO on page adalah sebuah tehnik mengoptimasi halaman website atau blog dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditargetkan kedalamnya.

Apa keuntungan opstimasi SEO on page?

Web Anda akan dinilai lebih relevan oleh Google meski halaman Anda mempunyai sedikit backlink, tetapi dapat dipastikan akan mudah ranking #1 Google.

Bagaimana Cara Menerapkan SEO on page?

  1. Title Tag
  2. Meta Description
  3. URL
  4. Heading (h1, h2, h3, h4)
  5. Image & Image ALt Tag
  6. Link to Site Authority
Baca :  Penjelasan Mengenai Pengertian CTR (Click Throught Rate) dan Page View
Tittle Tag

Tittle tag

Title Tag merupakan sebuah judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena biasanya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama dengan judul postingan maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul postingan tersebut. Berikut gambar contoh title tag. Tittle Tag juga dapat diganti menggunakan beberapa plugin WordPress, diantaranya All In One SEO dan SEO by Yoast.

Meta Description

Meta Description

Meta Description merupakan keterangan dari suatu halaman yang berdasarkan dari kalimat artikel postingan Anda, sama halnya dengan Tittle Tag Anda dapat mengubahnya dengan menggunakan Plugin WordPress.

URL

URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, sebuah rangkaian karakter berdasarkan format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, contoh: “http://ceritanjung.com/tips-memilih-jasa-iklan-google-adwodrs/” URL juga sangat berpengaruh terhadap Search Engine Optimization.

Heading

Heading merupakan sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag < title >. Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.

Link to Authority Site

Link to Authority Site merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs-situs yang dipercayai google seperti twitter, yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui situs yang dipercayai google Anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ). Sedangkan untuk mengetahui PR suatu website Anda dapat menginstall Extensi WebRank SEO di browser Google Chrome sedangkan Mozilla Firefox Anda dapat menggunakan SEO Toolbar.

2. Apa itu optimasi SEO off page?

SEO Off Page yaitu cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar web (menggunakan backlink). Backlink adalah Link dari halaman website atau blog kita yang berada pada halaman website orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi. Mesin Pencari seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari web yang dipercayai Google (site authority) dan mempunyai PR yang tinggi seperti Facebook, Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain. Oleh karena itu suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.

Baca :  Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

Jenis Tehnik SEO

Jenis tehnik SEO terbagi menjadi dua yaitu tehnik white hat SEO dan tehnik black hat SEO.

Apa itu tehnik white hat SEO?

Tehnik White Hat SEO merupakan tehnik optimasi SEO yang bersih, tehnik optimasi SEO yang dianjurkan dan sangat aman apabila digunakan.

Apa itu tehnik black hat SEO?

Black Hat SEO merupakan tehnik optimasi SEO yang kotor, apabila menggunakan tehnik dan diketahui oleh Google akan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google dan tehnik black hat SEO ini juga sangat dibenci oleh Google. Karena melanggar TOS Google dan merupakan suatu tehnik optimasi SEO yang curang, dan penggunaannya juga secara instan.

Tujuan dan Manfaat Optimasi SEO

Tujuan Optimasi SEO

Melakukan optimasi SEO on page maupun SEO off page memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang ditargetkan, hanya saja memiliki perbedaan di cara optimasinya.

Manfaat Melakukan SEO

Banyak sekali manfaat dari melakukan SEO, diantaranya adalah:

1. Memiliki Traffic yang Banyak

Jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner, dan jika Anda menginginkan itu maka segeralah lakukanlah Optimasi SEO pada website atau blog Anda.

2. Meningkatkan Penjualan Produk

Bagi web online shop yang menjual suatu produk atau barang seperti tanjungsport.com yang menjual aneka barang keperluan sepak bola, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jersey bola” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% Tanjung Sport akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3. Meningkatkan Daya Saing

Bayangkan saja, jika posisi suatu web Anda lebih tinggi dari pesaing, maka secara otomatis daya minat untuk mengunjungi dan membeli suatu produk Anda lebih tinggi juga. Dan masih banyak lagi keuntungan dari Optimasi SEO yang belum dapat saya sebutkan, dengan 3 hal diatas saja pasti Anda sudah mengerti mengenai manfaat SEO.

Sejarah Singkat SEO yang Perlu Anda Ketahui

Pada tahun 2000an dengan pesatnya perkembangan dunia maya, secara tidak langsung ilmu SEO juga hadir di Indonesia, namun pada saat itu masih banyak orang yang belum mengetahui pasti apa itu SEO? Apa arti dari SEO? Bagaimana sejarah awal SEO? Apa itu Tehnik SEO? Apa Tujuan dan manfaat SEO? semua dikarenakan pada tahun 2000 dunia maya masih belum berkembang dan persaingan antara berbagai website masih rendah. SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan SPAM yang di posting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Baca :  Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Kesimpulan

Optimasi SEO merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh blogger maupun pemilik online shop yang ingin web atau blognya menempati posisi teratas dan mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari. Optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page ini juga merupakan sebuah optimasi yang harus dilakukan dan tidak boleh dipisahkan ibarat sebuah ‘pasangan’ yang saling melengkapi satu sama lain. Jika hanya salah satu saja optimasi SEO yang dilakukan entah optimasi SEO on page ataupun optimasi SEO off pagenya saja maka akan kurang optimal pula hasil yang akan didapatkan nantinya.

Jangan pernah lupa untuk Riset Keyword karena itu juga merupakan dasar SEO, tanpa riset keyword Anda tidak akan mengetahui sejauh mana Optimasi SEO yang ingin Anda lakukan.

Tehnik SEO harus dipelajari secara otodidak (dipraktekan) dan berkelanjutan (update tehnik terbaru), dan perubahan yang terjadi di profesi SEO sesuai dengan aturan-aturan terbaru yang ditetapkan oleh Google (Google Panda Algorithm, Google Penguin Algorithm, Google Hummingbird Algorithm, dll). Karena jika Anda tidak mengikuti update terbaru, pasti web atau blog Anda akan kalah persaingan dengan web baru yang selalu update menurut Panda Algorithm.