Pengertian dan Manfaat Email

Sebelum kita membuat email, alangkah baiknya kita sedikit mengerti tentang pengertian dan manfaat email yang dapat kita gunakan untuk mengirim pesan melalui jaringan internet dan akan saya bahas juga mengenai sejarah internet dari dulu sampai sekarang ini.

Pada awal mulanya pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Bolt Beranek and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk membuat suatu hal yang dimaksud ARPANET, yang lalu beralih jadi internet. ARPANET adalah singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, serta mempunyai tujuan untuk membuat suatu cara komunikasi pada institusi militer serta pendidikan keduanya.

Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang dimaksud SNDMSG. Program ini bukanlah sebuah program baru, lantaran sebenarnya program itu sudah ada sepanjang tahun yang lalu. Program itu dapat disebutkan berguna lebih primitif. Program itu memungkinkan pemakai mesin yang sama bisa saling kirim pesan antara keduanya. Pemakai bisa bikin dokumen teks yang kemudian akan diantar ke kotak surat pada mesin yang sama.

Awalannya Ray bereksperimen dengan suatu program yang bernama SNDMSG yang dipakai untuk meninggalkan pesan pada suatu computer, hingga orang lain yang menggunakan computer itu bisa membaca pesan yang ditinggalkan. Lantas ia meneruskan eksperimennya dengan memakai file protocol yang bernama CYPNET hingga program SNDMSG tadi dapat kirim pesan ke computer lain yang ada didalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terwujudnya suatu “email”. Pesan email yang pertama kalinya di kirim Ray, serta mungkin menjadi email yang pertama didunia yaitu “QWERTYUIOP”.

Pada tahun 1972, Ray memperkenalkan icon “@” juga sebagai jati diri email untuk memisah user id serta domain suatu alamat email, yang bermakna “at” atau “pada”.

Komponen Email

Suatu alamat email terdiri dari dua sisi, yakni di samping kiri tanda @ dimaksud user id, yang menunjukkan arti pemilik e-mail itu. User id ini bisa berbentuk nama yang memiliki, singkatan nama, nickname, nomer, atau apa pun juga. Sedangkan teks sesudah simbol @ (sperti : gmail.com) merupakan domain name/hostname, yang menunjukkan arti domain tempat email (mail server) itu disimpan.

Jenis Email

Ada 3 jenis layanan email, yakni : POP mail, E-mail Forwarding serta E-mail berbasis website, masing-masing email memiliki keunggulan serta kekurangan.

a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama juga dengan email yang anda terima dari ISP Anda.

Kelebihannya :

  • Kekuatan untuk di baca dengan cara offline (tak perlu connect ke internet) untuk mengecek e-mail, anda butuh connect ke server POP Mail anda, lalu mendownload semua email yang ada, kemudian Anda dapat memutuskan jaringan internet serta membaca e-mail.

Kekurangannya :

  • Anda tidak dapat mengecek email Anda di sembarang tempat.

b. Web Based Mail
E-mail jenis ini adalah email yang di tawarkan oleh beragam website/web.

Kelebihannya :

  • Anda dapat mengecek email Anda dari tempat mana saja.

Kekurangannya :

  • Untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet.

c. E-mail Forwarding
Kelebihannya :

  • Anda dapat menyembunyikan alamat email yang sebenarnya, selain itu tidak perlu memberitahu email Anda yang baru.

Cara Pengiriman
Untuk kirim email kita membutuhkan suatu program mail-client. Email yang kita kirim bakal melewati beberapa poin sebelum sampai di tujuan.

Mengakses Email

E-mail pada awalnya disimpan didalam suatu mailserver. Umumnya apabila seorang menggunakan koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia bakal diberikan satu email gratis. E-mail yang di terima bakal disimpan di server surat elektronik ISP.

  • Memakai ‘browser’, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Cara ini dikatakan sebagai web-based, berarti kita memakai media situs juga sebagai penghubung ke kotak e-mail. Misal : Gmail serta Yahoo! Mail. Untuk mengaksesnya, pemakai sebaiknya dalam keadaan online. Layanan email berbasis web umumnya disiapkan oleh penyedia layanan email gratis.
  • Memakai program pengakses email (email client), seperti : Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan memakai program seperti ini, seorang harus tahu konfigurasi yang dapat diperoleh dari ISP. Keuntungannya yaitu bisa membaca e-mail tanpa terhubung dengan cara terus-menerus dengan internet serta beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus email bisa di terima serta diantar dengan cara bersamaan. Keunggulan yang lain yaitu perangkat lunak ini menyediakan beberapa fungsi penyuntingan serta pembacaan email dengan cara offline.

Etika Penggunaan Email

Etika dalam mengirim email sama juga dengan etika dalam menulis surat umum. Ada email yang berisi resmi ada yang informal. Beberapa poin penting :

  • Janganlah kirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (kurang lebih 1 mb). Tidak banyak orang memiliki akses Internet yang cepat, serta ada kemungkinan lampiran itu melebihi kemampuan email penerima, sehingga tidak diterima mailserver penerima. Diluar itu, cermati juga bahwa sebagian penyedia email juga mengaplikasikan batasan tentang jumlah, jenis, serta ukuran email yang bisa di terima (serta di kirim) pemakainya.
  • Jangan mengirim lanjut (forward) email tanpa memikirkan manfaat untuk orang yang dituju.
  • Selalu mengisi kolom subyek, janganlah dilewatkan kosong.
  • Jangan memakai huruf kapital lantaran bisa menyebabkan kesan anda BERTERIAK.
  • Serta sudah pasti, pakai kalimat dengan santun. Adakalanya suatu hal yang kita catat bakal berkesan tidak sama dengan apa yang sebenarnya kita maksudkan.

Keamanan

Keamanan data di email tidaklah terjamin serta selalu ada kemungkinan terbuka untuk umum, dalam pengertian semuanya berisi dapat di baca oleh orang lain. Hal semacam ini dikarenakan karena e-mail itu bakal melalui banyak server saat sebelum tiba di tujuan. Tak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap email yang diantar itu.

Email bisa diamankan dengan melakukan tehnik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang popular yaitu PGP (Pretty Good Privacy). Dengan menggunakan PGP isinya bakal dienskripsi, serta hanya orang yang tertuju bisa mendekripsikan serta membaca email itu. Kerugiannya yaitu membuat ribet pihak pengirim serta penerima (lantaran keduanya harus mempunyai program PGP, serta pengirim juga harus mempunyai kunci umum penerima, serta melakukan enkripsi pesan dengan kunci itu).

Perkembangan Email

Mulai tahun 1980-an email sudah dapat di nikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan ataupun yang berbayar. Sekarang ini banyak email berbasis situs yang didapatkan dengan cara cuma-cuma oleh Google, Microsoft, Telkom, Yahoo dan lain-lain. Kemampuannya juga beragam dari mulai 100 mb hingga tidak terbatas.

Akibatnya, saat ini banyak perusahaan pos di beberapa negara mengalami penurunan pendapatannya lantaran masyarakat lebih memilih email sebagai media penyampaian pesannya.

Pengertian Email

Email yaitu surat melalui media elektronik. Sebenarnya email adalah singkatan dari “Electronic Mail”. Lewat email kita bisa mengirim surat elektronik baik berbentuk teks ataupun berpaduan dengan gambar, yang diantar dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Jika kita mengirim surat lewat email kita bisa memperoleh beberapa keuntungan. Diantaranya, dengan memakai email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain bakal dengan cepat di terima, diluar itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Suatu alamat email umumnya mempunyai format sejenis username@host.domain. Sekarang ini ISP yang sediakan layanan pembuatan email dengan cara gratis yaitu Google, Yahoo serta Microsoft. Sebagai contoh kita bisa bikin email lewat gmail.com dengan nama contoh@gmail.com.