Pengalaman Belanja di Aliexpress

Sebenarnya sudah lama saya ingin mencoba berbelanja online di luar negeri, entah itu di ebay, amazon, alibaba ataupun aliexpress. Tapi masih bingung juga, mau belanja apa? Karena kebanyakan barang yang ingin saya beli sudah dijual di Indonesia dan harganya juga tidak terlalu banyak selisihnya dengan barang yang dijual di luar negeri. Belum lagi dengan pajak nantinya yang harus saya bayarkan jika nilai barang di atas $100.

pengalaman belanja online di aliexpress

Kebetulan kemarin pada tanggal 12 Juni 2018 saya berniat membeli smartphone xiaomi note 5 pro 6/64 GB, sebelumnya saya sudah mencari di beberapa marketplace Indonesia tapi hanya sedikit yang menjualnya karena memang produk ini tidak tersedia secara resmi di Indonesia, kalaupun ada yang jual harganya lumayan mahal. Akhirnya saya memutuskan dan memberanikan diri untuk berbelanja online di salah satu situs online luar negeri yaitu Aliexpress, ini juga merupakan pertama kali saya pengalaman belanja di Aliexpress.

Untuk berbelanja di sini cukuplah mudah, tidak jauh berbeda dengan berbelanja di Lazada ataupun marketplace lain yang ada di Indonesia, salah satu perbedaan yang paling menonjol yaitu proses pembayaran dan pajak yang akan dibayar nantinya jika barang di atas $100. Proses pembayaran disini menggunakan credit card, paypall dan bagi yang tidak punya bisa menggunakan pembayaran melalui Doku.

Pertama-tama saya memilih barang yang ingin saya beli terlebih dahulu, kemudian mengisi alamat penerimaan barang dan kemudian melakukan pembayaran menggunakan VCN BNI debit online, untuk lebih lengkapnya mungkin besok bisa saya buatkan panduannya secara lebih lengkap bagi yang ingin mencoba berbelanja di Aliexpress.

Sampai saat ini barang masih belum datang dirumah, untuk estimasi pengiriman sampai mulai tanggal 02 Juli 2018 s/d tanggal 17 Juli 2018. Mungkin nanti akan saya update lagi mengenai pengalaman belanja di Aliexpress. Jika barang sudah datang beserta biaya pajak yang saya tanggung jika memang terkena pajak, karena harga barang melebihi $100.

*UPDATE

proses beacukai surabaya

Untuk saat ini barang sudah sampai di beacukai Surabaya sejak tanggal 29 Juni 2018, kurang tau juga sampai berapa lama prosesnya, sudah seminggu lebih masih di sana.

Baca :  Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

kantor pos pusat juanda surabaya

Akhirnya setelah saya menghubungi fanspage beacukai beberapa kali dan dijanjikan akan menghubungi beacukai Surabaya agar pesanan saya segera diproses, 2 hari setelah itu pesanan saya langsung dapat diambil di kantor pos Surabaya pada tanggal 12 Juli 2018 yang ada di Juanda untuk dimintai keterangan, ternyata sampai selama ini butuh waktu 13 hari proses kantor beacukai customs.

customs bea dan cukai surabaya

Setelah itu saya langsung bergegas menuju kantor pos juanda untuk mengambil barang, sampai sana ditanyakan nomer resi barang tersebut dan disuruh menuju kantor beacukai yang ada di sebelah kantor customer service kantor pos untuk dimintai beberapa dokumen, diantaranya:

  • NPWP (Jika ada)
  • E-KTP
  • No Invoice
  • Menandatangani surat pernyataan dengan materai

kantor pos surabaya

Kemudian balik lagi ke customer service pos untuk membayar pajak yang harus saya bayarkan, butuh waktu kurang lebih satu jam untuk mengurus pengambilan barang kiriman dan akhirnya barang yang saya tunggu-tunggu datang juga, tak sabar rasanya ingin segera saya unboxing.