Komplain JNE YES Paketan Tak Kunjung Sampai

Beberapa tahun terakhir saya pikir JNE sudah berubah dan berkembang untuk lebih baik, sebab tahun lalu saya merasakan sendiri perubahan itu. Sebagai pengguna jasa JNE yang sering melakukan pengiriman barang ataupun menerima barang. Salah satunya saya pernah dihubungi pihak JNE kalau tidak salah waktu itu ketika saya ingin mengambil paketan sendiri di JNE Pusat Surabaya bagian pengambilan dan ada lagi fitur barunya yakni seringkali menerima sms pemberitahuan bahwa paket sudah sampai.

Namun, untuk belakangan ini tidaklah demikian. Notifikasi sms pun jarang dikirim, paketan juga sering telat kedatangannya dan lebih parahnya lagi saya menerima paketan dengan kiriman JNE Yes belum datang dalam sehari, padahal didalam website JNE tertulis garansi uang kembali jika dalam waktu sehari barang tidak sampai (Ini belum saya coba komplain). Paketan ini sangatlah penting sekali agar esoknya dapat sampai sehingga saya memilih menggunakan layanan JNE Yes. Tapi tak juga sampai ketika saya tunggu sampai pukul 23:59 WIB.

komplain jne yes tracking

Keesokan harinya juga tak kunjung sampai, saya coba cek resi di wesbite resmi JNE tertulis “Rumah/kantor kosong pada pukul 00:00”. Saya cukup heran kenapa bisa kosong padahal saya juga seharian di rumah, toh seandainya jika ada JNE datang tidak ada yang menjawab kenapa tidak menghubungi via telepon? Karena di paketan pasti sudah tertulis nomer telepon saya dengan jelas. Akhirnya saya berinisiatif komplain melalui email dan beberapa social media JNE, diantaranya via Twitter, Facebook tak kunjung ada balasan sama sekali, kemudian saya memutuskan untuk menghubungi nomer telepon customer care JNE (021) 2927 8888.

Setelah menghubungi dan menunggu cukup lama, akhirnya dapat tersambungkan juga dengan CS JNE dan saya menjelaskan bahwa pengiriman menggunakan JNE Yes tak kunjung datang sampai 2 hari, akhirnya disuruh menunggu kembali untuk proses pengecekan. Cukup lama untuk menunggu akhirnya CS JNE tersebut memberikan informasi bahwa paketan sebenarnya sudah sampai kemarin, akan tetapi tidak ada orang dirumah? Lagi-lagi alasan tidak ada orang dirumah, padahal saya seharian dirumah. Akhirnya CS memberikan saran, untuk pengirim supaya mendatangi kantor JNE Pusat agar dapat mengklaim ongkos kirim tersebut. Tapi karena saya pihak penerima dan sebenarnya saya juga ingin barang sampai tepat pada waktunya bukan masalah klaim ongkos kirimnya.

Baca :  Aksi Rush Money dan Dampak yang Ditimbulkan

Akhirnya barang sampai juga pada sore hari jam 3 dan tak lama kemudian malamnya pada ramai-ramai membalas komplain jne via Facebook disusul dengan Twitter dan baru ada email masuk. Meskipun sudah sangat kecewa mau gimana lagi, semoga ke depannya JNE bisa membenahi hal-hal yang dapat mengecewakan pelanggannya, apalagi saat ini persaingan bisnis ekspedisi sangatlah ketat seperti J&T yang dapat mengambil barang kerumah meskipun hanya 1 barang, daftar harga pengirimannya pun sangat bersaing meskipun tidak ada paket yang bisa sampai esoknya, tapi 2 hari biasanya sudah sampai di kota besar.