Kisah Sukses Pendiri Facebook Mark Zuckerberg

Kisah Sukses Pendiri Facebook Mark Zuckerberg – Mungkin banyak yang sudah tahu tentang cerita sukses Mark Zuckerburg dalam mendirikan facebook, kali ini saya juga akan membahas sedikit tentang kisah sukses Mark Zuckerberg dengan perjalanan karirnya bersama Facebook yang dapat Anda jadikan sebagai motivasi kehidupan.

Facebook adalah sebuah layanan sosial media yang dapat membuat profil pribadi, menambahkan teman, mengirim pesan dan juga menerima pemberitahuan ketika seorang teman memperbarui profilnya, selain itu Anda juga dapat bergabung dalam sebuah group dan menyukai halaman yang sesuai dengan ketertarikan Anda dan masih banyak lagi fitur yang dimiliki facebook.

Sebelum Mark Zuckerburg meluncurkan facebook, sudah ada nama Renaljon yang menciptakan facemash pada tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua dengan menciptakan situs pilihan seperti “Hot or Not” dan menggunakan foto dari facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama kemudian menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu untuk meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi. Dari sini Mark Zuckerburg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Pada waktu itu Harvard tidak memiliki “buku wajah” yang berisi foto dan informasi dasar mahasiswa. Facemash berhasil menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara. Situs ini juga diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan oleh administrasi Harvard untuk beberapa hari dan Mark Zuckerburg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta dan melanggar hak individu, sempat juga terancam dikeluarkan.

Kisah Sukses Pendiri Facebook Mark Zuckerberg

Pada Januari 2004 Mark Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru yang terinspirasi dari editorial “The Harvard Crimson” tentang insiden facemash, kemudian pada 4 Februari 2004 Mark Zuckerberg berhasil meluncurkan situsnya dengan nama “The Facebook” yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com. Tidak hanya masalah hukuman dari kampus yang menimpa Mark Zuckerberg tetapi datang juga dari tiga orang senior Harvard, Cameron Winklevoss dan Divya Narendra yang menuduh bahwa Mark Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka dalam membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiga senior itu mengeluh kepada Harvard Crimson dan dari sini memulai sebuah investigasi dan akhirnya dapat diselesaikan dengan memberikan dana sekitar 65 juta dolar AS.

Baca :  Ingin Beli Mobil? Gunakan Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi ini di BNI Internet Banking

Untuk pertama kalinya facebook diluncurkan hanya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Setelah itu ada Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis) dan Chris Hughes yang membantu dalam mempromosikan facebook. Pada bulan Maret 2004 facebook memperluas ke Stanford, Columbia dan Yale dan secara perlahan diteruskan ke beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Kisah Sukses Mark Zuckerberg

Pada musim panas 2004 facebook diinkorporasikan dan mengangkat pengusaha Sean Parker (Seorang yang sering memberikan saran) sebagai Presiden perusahaan. Pada bulan Juni 2004 facebook memindahkan pusat operasinnya ke Palo Alto, California dan pada bulan ini facebook menerima investasi pertamanya dari pendiri PayPal, Peter Thiel dengan menghapus nama The menjadi facebook.com pada tahun 2005 yang saat itu membelinya seharga $200.000. Pada September 2005 facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas kemudian memperluas ke berbagai karyawan sejumlah perusahaan dan pada tanggal 26 September 2006 Facebook resmi dibuka kepada semua orang yang berusia 13 tahun ke atas dengan memiliki alamat email.

Pada tanggal 24 Oktober 2007 Microsoft membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 miliar. Bulan Oktober 2008 facebook mengumumkan membuka kantor baru di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009 facebook mendapatkan arus kas positif pertama kalinya untuk menutupi biaya operasional perusahaannya. Bulan November 2010 nilai facebook mencapai $41 miliar mengalahkan eBay dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon menurut SecondMarket Inc., Facebook juga diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada tahun 2013.

Baca :  Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting di Media Sosial?

13 Maret 2010 Facebook berhasil mengalahkan pengunjung Google. Bulan Maret 2011 facebook menghapus sekitar 20.000 profil setiap hari yang diduga spam, konten tidak pantas dan pemakaian dibawah umur dan mendorong berdirinya facebook cyber. Pada tahun ini facebook juga berencana pindah ke kantor barunya di Menlo Park, California bekas kampur Sun Microsystems. Bulan Juni 2011 facebook meraih satu triliun tampilan halaman dan merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Bulan Maret 2012 Facebook meluncurkan App Center yang menjual aplikasi terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia di iPhone dan Android dan pada bulan April 2012 facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 miliar. Dan di awal Mei 2012 facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial. Facebook, Inc. membuka penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar yang merupakan nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah. Sesudah IPO Mark Zuckerberg mendapatkan 22% saham Facebook dan 57% suara.

Di Tahun 2015 ini pengguna aktif Facebook diseluruh dunia sudah diperkirakan 1 Miliar lebih dan akan terus mengalami peningkatan sampai tahun 2016 nantinya. Facebook juga sudah mengakuisi WhatsApp dengan nilai sebesar US$ 19 miliar dan US$ 2 miliar untuk membeil Oculus.

Perlu Anda Ketahui Kritik dan Dampak Facebook:

  • Situs ini diblokir di beberapa negara, yaitu Republik Rakyat Tiongkok, Vietnam, Iran, Uzbekistan, Pakistan, Suriah dan Bangladesh bisa disebabkan karena konten diskriminasi agama yang diizinkan facebook.
  • Selain itu juga facebook dilarang digunakan di beberapa perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang waktu.
  • Permasalahan yang sering dikeluhkan pada privasi dan keamanan pengguna yang bisa ditembus beberapa kali.
  • Dampak facebook juga terlibat dalam politik, lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi “US Politics” di Facebook agar dapat berpartisipasi.
Baca :  Alasan Mengapa Harus Memilih Xiaomi?

Itulah mengenai Kisah Sukses Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, semoga dapat menambah wawasan mengenai asal mula pendirian Facebook sampai sekarang ini yang sangat banyak digunakan oleh warga dunia dan semoga bermanfaat bagi kita apalagi dapat menirunya pasti akan sangat membanggakan.