Hal yang Pernah Dirasakan Anak IT

Apakah ada dari kalian yang menjadi anak IT? Mantan anak IT? Pura-pura anak IT? Atau gagal menjadi anak IT, yang pasti semuanya saya bahas di sini pernah dirasakan oleh anak IT tak kecuali saya sendiri yang kesehariannya menggeluti bidang IT. Information Technology atau yang biasa di singkat IT dalam bahasa Indonesia yaitu Teknologi Informasi. IT dapat dikaitkan menjadi bagian terpenting dari kehidupan manusia modern, dimana kehadirannya dapat merubah sesuatu menjadi lebih mudah. Itu sih “katanya”. Maka tak heran jika banyak orang yang menganggap anak IT adalah makhluk serba bisa.

Ketika seseorang tau bahwa kalian sedang atau pernah menempuh perkuliahan di IT, maka mereka akan menganggap kalian seorang yang ahli dalam mengoperasikan perangkat komputer, padahal dalam perkuliahan tidak hanya mempelajari ilmu komputer saja, ilmu-ilmu lain juga diajarkan misalkan kalkulus, kewirausahaan dan mengelola data. Mungkin mereka menganggap karena kalian selalu bekerja di depan komputer.

Sebagai anak IT kalian pasti ingin melakukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang ditekuni, akan tetapi tak jarang orang-orang di sekelilingmu menyuruh untuk melakukan segala hal yang bukan bidang kamu. Maka dari itu anak IT pasti akan merasakan beberapa hal di bawah ini.

Hal apa saja yang pernah di rasakan anak IT?

1. Katalog Terlengkap

katalog terlengkap anak it

Bayangin ya, jika kalian ketemu teman-teman terus di tanyain “eh, harga laptop Asus berapaan? Kalau HP? Toshiba? Lenovo? Macbook?” Bagaimana kalian mau jawab sedangkan type/spesifikasi yang dimaksud saja gak tau, kadang meskipun nanya type yang lebih spesifik kita kan juga belum tentu tahu berapa harganya. Tidak hanya masalah laptop saja, kalian juga pasti pernah di tanyai masalah harga smartphone terbaru, lcd, mouse, keyboard, ram, vga dan masih banyak lagi, kadang juga disuruh membandingkan bagusan mana nokia 3310 sama iPhone 7? Lebih tepatnya kita akan menjadi sebuah katalog berjalan yang selalu update akan harga-harga sebuah produk elektronik.

2. Solusi Internet Lemot

internet anti lemot anak it

Kadang kita juga disamakan seperti tukang sulap yang sekali ngucap langsung kelar masalahnya. Ketika ada teman kalian yang tanya: “Bro, cara internet biar cepat gimana ya? Komputernya harus ditambah apa? Ada cara internet gratisan gak?” Bingung juga kan mau njelasinnya, masak masalah internet lemot saya yang harus tanggung jawab, seharusnya telfon tuh mbak-mbak provider biar disuruh reset modemnya, 😀 Saya sendiri aja kadang sering ngomel-ngomel gak jelas kalau internet lagi lemot, padahal bayarnya sudah mahal, nah situ enak banget kan. Kalau zaman dulu waktu SMP memang sering sih pakai internet gratisan, sekarang kan sudah dewasa bro. 😀

Baca :  Perbedaan Antara Subdomain, Add-On Domain, Parked Domain dan Redirect

3. Service Center Segala Perangkat

service center segala perangkat anak it

“Bro, kok komputerku lemot ya? Kok tiba-tiba mati ya? Kok gak ada suaranya?” Memang sih anak IT sebagian memiliki keahlian memperbaiki sebuah perangkat, tapi ya kan gak semuanya juga ditanyakan, kadang mereka itu mempunyai keahlian memperbaiki di bidang tertentu saja dan bukannya tugas memperbaiki perangkat keras adalah tugas anak elektro? Kalau yang nanya teman non IT sih tidak ada masalah, masih bisa sabar dan jelasin sedikit-sedikit tetapi jika yang tanya anak IT rasanya pengen ngelempar monitor. 😀

Saya sendiri sering di mintai tolong untuk memperbaiki laptop lemot, komputer gak mau nyalah, wifi tidak ada koneksi, LAN tidak tersambung selain itu masalah smartphone, mulai dari minta root sampai mengganti LCD juga pernah saya kerjakan. Duhhh, memang benar anak IT itu harus multi fungsi ya, kalau tidak pasti ada yang bilang “katanya anak IT?”.

4. Master Segala Desain

master desain anak it

“Yank, bisa minta tolong gak? Bisa desainkan banner buat organisasi kampus? Okeee, bisa yank, mau dipakai kapan? Ya Sekarang lah, masak tahun depan!” Pikiran pun langsung down awalnya yang lagi asyik-asyik maen game, kenapa juga tadi saya balas, tau gitu tadi bilang masih di luar, luar angkasa maksudnya. Belum lagi masalah minta editin foto biar gak keliatan gendut-gendut amat, padahal ya udah kurus mau di edit seperti apa lagi coba.

Belum lagi teman-teman saya minta buatin logo, mintanya 5 pilihan langsung, habis di buatin malah bingung sendiri, bagusan yang mana ya bro? Aku kok jadi bingung. Adik saya sukanya yang ini, kakak saya yang ini, bapak saya yang ini, emak saya yang ini. Njirrrrrrr, badan saya langsung lemes seketika. Udah dibantuin, pengennya cepet selesai, giliran udah selesai masih disuruh mikir lagi, gimana gak sedih? Tanya dulu sama anak-anak design/multimedia sana, berapa waktu yang diperlukan untuk membuat desain beserta biayanya? Kadang saya miris di Indonesia ini harga desain yang sangat kelewatan murah sekali dibandingkan dengan harga di negara lain, padahal untuk menempuh perkuliahan desain butuh waktu dan materi yang cukup banyak.

Baca :  Pengertian dan Manfaat Disqus

5. Pakar Telematika

pakar telematika

Pasti kalian pernah ditanya, “eh bro, kamu tau cara ngelacak orang lewat nomer hp gak, ini foto-video asli atau palsu ya?, pacar saya selingkuh bro, bisa minta bantuan nyadap whatsappnya?” Haduh, harus ngomong apa lagi saya? Kalau di jawab terus-terussan bisa kejang-kejang ni.

Ngelacak nomer hp dikira semudah nginstall aplikasi di playstore apa, udah gitu kuliah mahal-mahal hanya disuruh bedain asli atau palsu chat Whatsapp Habib Rizieq dan Firza yang lagi rame beredar. Belum lagi nyadap-menyadap itu urusan berat bro, sekelas pak polisi bintang tujuh aja dilarang untuk menyadap sembarangan apalagi saya anak yang baik hati, jenius dan masih imut, kalau di penjara gimana? Siapa yang benerin laptop kamu kalau lemot.

6. Pacarnya Komputer

hal yang pernah dirasakan anak it

Ini pasti tidak asing lagi bagi anak IT yang mendapat gelar “Jomblo”, entah itu karena penampilannya yang jarang tidur malam atau jarang mandi? Padahal mereka punya cewek loh, ya itu dia komputer ceweknya, 😀 Untungnya saya bukan termasuk yang ini.

Banyak juga yang bilang kalau anak IT itu lebih suka ngadep komputernya dari pada diajak keluar, memang kadang iya bro, entah itu penyakit apa sampai-sampai saya juga pernah dijuluki manusia komputer. Biasanya lagi asyik ngerjain tugas/ngoding dan belum selesai terus ada yang ngajak keluar kan pasti malas banget, inginnya sih nyelesaiin tugasnya dahulu, kecuali kalau memang otak sudah kepanasan.

7. Hacker

Hacker anak it

Mereka menganggap kita ini bisa berbuat segalanya terhadap internet, padahal dari internet lah kita bisa merubah segalanya. Intinya ya seperti itulah. Haha

Ada beberapa pertanyaan penting yang sering diajukan seperti dibawah ini:

  • Bagaimana cara ngehack facebook?
  • Bagaimana cara ngehack whatsapp/bbm/line?
  • Bagaimana cara ngehack paypal/master card/kartu kredit?
  • Bisa hack coc gak?
  • Bisa hack line get rich gak?
  • Bisa hack mobile legend gak?
Baca :  Bagi-bagi Domain ID Gratis dan Murah

Mau jelasin apa yang dimaksud dengan hack? Nanti malah saya sendiri yang disalahin dan di bilang sok tau. Repot kan jadinya mending diam seribu bahasa. Asal kalian tahu ada proses yang dibutuhkan untuk semua itu bukan secara instan yang hanya klik tombol enter seperti di film-film.

Kalau kalian di tunjukkan prosesnya pasti akan bosan dan sampai-sampai tertidur lelap, memang terlihat mudah jika kalian sudah menemukan beberapa celah sebuah sistem seperti saya pada waktu SMA dulu sering ngumpulin fb teman-teman, hanya butuh waktu 11 jam saya mendapatkan akses ke fb.nya.

Terkadang ketika nongkrong di warkop banyak yang ngomel-ngomel, kok kamu internetnya kencang padahal aku buka youtube buffering terus, “pasti wifinya kamu hack ya?” Aku bilang aja, iya aku hack, habis ini kita gak usah bayar langsung pulang aja, semua makanan disini gratis karena sudah saya bayar pakai paypal. Gimana internet saya gak kencang, lah saya sendiri pakai data bukan wifi udah gitu 4G lagi.

Beda lagi kalau terpaksa gak ada data dan butuh internet cepat, ya tinggal masuk ke router dan masukkan data username dan password, biasanya belum diganti, masih menggunakan ip, user dan password default. Pernah saya coba di modem indihome, first media dan mnc play berhasil. Pernah juga saya daftarin paket gratis internet wifi id melalui indihone orang lain dan sampai saat ini masih dapat digunakan di seluruh indihome. 😀