Cara Pindah Hosting Lama ke Hosting Baru

Adakalanya kita ingin memindahkan sebuah website di hosting lama ke hosting yang baru, ntah itu untuk upgrade atau ingin mendapatkan penawaran dan pelayanan yang lebih bagus dari hosting lama yang kita pakai. Bagaimanapun juga untuk memindahkan sebuah hosting bukan perkara yang mudah dan juga tidak terlalu rumit jika kalian teliti dan memperhatikan step by step langkah yang akan saya jelaskan nantinya.

Saya sangat sering melakukan perpindahan hosting, bukan untuk website saya sendiri melainkan dimintai bantuan oleh teman-teman. Terkadang sering lupa juga langkah-langkahnya karena terlalu meremehkan dan berburu-buru. Website yang paling sering saya pindahkan biasanya menggunakan WordPress dan CPanel, maka dari itu saya akan membuatkan tutorial cara pindah hosting lama ke hosting baru yang berbasis wordpress.

Cara Pindah Hosting Lama ke Hosting Baru

Oke, langsung saja apa yang perlu Anda butuhkan untuk memindahkan website lama ke hosting yang baru:

  • wp-content
  • MySQL Database
    * Pastikan Anda menggunakan CPanel.

1. Backup Data WordPress di Hosting Lama

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu login ke CPanel Anda untuk melakukan backup konten serta data penting. Konten serta data penting apa saja yang harus kalian backup? seperti yang sudah saya jelaskan di atas yaitu wp-content dan MySQL Database kemudian saya sarankan juga untuk backup file .htaccess dan file robots.txt kalau memang ada.

a. Login CPanel ==> pilih File Manager ==> cari public_html atau website mana yang akan Anda backup, setelah itu pilih dan compress folder wp-content dan jangan lupa untuk di download. Ow ya, mumpung disini jangan lupa juga untuk mencatat Table Prefix, nama filenya wp-config.php kemudian edit dan akan tampil seperti gambar yang saya jelaskan dibawah.

Baca :  Bagi-bagi Domain ID Gratis dan Murah

Cara Pindah Hosting

Dibawah ini contoh table prefix yang harus Anda catat (wp_domain), karena ini sifatnya PENTING yang akan digunakan pada saat menginstall WordPress baru nantinya.

/**
* WordPress Database Table prefix.
*
* You can have multiple installations in one database if you give each
* a unique prefix. Only numbers, letters, and underscores please!
*/
$table_prefix = ‘wp_domain‘;

b. Login CPanel ==> pilih Backup ==> cari dan download database website yang ingin dipindah.

2. Install WordPress di Hosting Baru

Setelah selesai membackup semua data penting tadi, sekarang kita akan menginstall WordPress di hosting yang baru dan jangan lupa untuk memasukkan nama Table Prefix yang dicatat tadi. Seperti contoh dibawah ini:

Cara Pindah Hosting Baru

3. Restore Data WordPress di Hosting Baru

Backup dan install WordPress baru juga sudah, sekarang giliran untuk merestore file yang sudah kita backup di langkah nomer 1 tadi yaitu wp-content dan MySQL. Untuk cara restore data hosting lama ke hosting baru perhatikan langkah dibawah ini:

a. Login CPanel ==> pilih File Manager ==> cari public_html atau website mana yang akan Anda restore, setelah itu pilih dan hapus folder wp-content, setelah Anda berhasil menghapus silahkan upload folder wp-content berupa zip yang sudah Anda backup di langkah nomer 1 tadi dan jangan lupa untuk di Extract. Kalau sudah berhasil, hapus saja file yang berekstensi zip tersebut.

b. Login CPanel ==> pilih phpMyAdmin ==> cari nama database mana yang sudah anda buat tadi atau database yang ingin di update, kemudian silahkan drop/delete tabel tersebut. Setelah itu silahkan pilih menu Import dan pilih file database yang sudah anda backup tadi di langkah nomer 1.

Baca :  Mau Jadi Partner Lazada? Sebaiknya Pikir-pikir Dulu

Cara Pindah Website ke Hosting Baru

4. Ubah Nameserver Domain dengan Hosting Baru

Setelah langkah-langkah di atas selesai Anda kerjakan dengan baik dan benar sekarang tinggal mengubah nameserver domain Anda dengan hosting baru. Mengubah nameserver domain akan mengalami masa Propagasi yang berarti domain Anda memerlukan jeda waktu untuk sampai mengenali atau tersambung dengan server hosting baru. Untuk masa Propagasi memerlukan waktu yang tidak sama, bisa cepat terkadang juga sangat lambat sampai sehari.

Keterangan:
Jika Anda lupa dalam menentukan Table Prefix ketika menginstall CMS WordPress, solusinya yaitu dengan mengubah nama Table Prefix yang berada di file wp-config.php hosting baru dengan nama Table Prefix di hosting lama.

Semoga dalam perpindahan ini tidak ada kendala dan sukses dengan hosting barunya, jika ada yang mengalami masalah saat pindah hosting lama ke hosting baru bisa coment dibawah ini atau menghubungi saya di contact.