Cara Mudah Membuat Blog dan Website Gratis

Cara Membuat Blog – Saya lihat masih banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mempunyai blog atau belum pernah bikin blog, bahkan juga dari kalangan mahasiswa yang sudah lulus belum juga bisa membuat blog, maka dari itu saya akan memberikan sedikit tutorial Cara Mudah Membuat Blog dan Website Gratis.

Blog juga bisa disebut dengan web blog yaitu suatu aplikasi berbasis web yang biasanya berisi artikel atau gambar yang dapat diposting di blog. Blog sendiri banyak macamnya seperti Blogspot, WordPress, Webbly, Tumblr, dll. Tapi kali ini saya akan menjelaskan mengenai Blogspot karena gratis selain itu juga memiliki banyak fitur dan tema yang dapat di edit sesuka hati, adakalanya banyak dari orang-orang yang mendapatkan keuntungan dari membuat blog/website dengan mendaftarkan mitra Adsense (Program Ads Google).

Berikut ini cara mudah membuat blog dan website gratis di blogspot:

1. Buat Email Gmail
Jika kalian belum punya email, dapat membaca artikel Cara Membuat Email Baru di Gmail terlebih dahulu. Kenapa harus punya email? Karena ini merupakan syarat pertama dalam pembuatan Blog agar dapat menerima pemberitahuan dan informasi dalam sebuah email, selain itu juga kalau kita ingin masuk (login) dalam blogger juga harus memakai email dan password. Selain itu, email juga dapat digunakan dalam pembuatan facebook, upload video di youtube dan masih banyak lagi.

2. Silahkan kunjungi www.blogger.com
Setelah membuka alamat diatas, kalian akan dialihkan ke halaman login dari Google seperti gambar dibawah ini:

Cara Mudah Membuat Blog dan Website Gratis  Cara Mudah Membuat Blog

Silahkan isi datanya sesuai email kalian:

  • Email : Isi data email kalian yang sudah dibuat tadi.
  • Sandi : Isikan password/sandi yang sudah dibuat pada saat pendaftaran email.
Baca :  Cara Mudah Memasang Komentar Disqus di Wordpress

3. Waktunya untuk pembuatan blog
Setelah login, kalian akan diarahkan ke halaman seperti dibawah ini yang disarankan untuk membuat profile Google Plus (G+) dahulu, kemudian silahkan klik tombol yang bertuliskan “Buat profile Google+”.

Cara Mudah Membuat Blog Gratis

Kemudian setelah itu akan dialihkan ke gambar berikut ini dan isikan data secara lengkap, kemudian klik “Tingkatkan”:

Cara Membuat Blog Gratis

Setelah itu klik “Selesai” dan setelah itu pilih “Tetap Lanjutkan” seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Blog        Cara Membuat Blog Gratis Mudah

Setelah semua proses diatas selesai, kalian akan dialihkan ke halaman awal seperti dibawah ini dan silahkan klik “Lanjutkan ke Blogger”:

Cara Membuat Blog Mudah Gratis

Setelah dilanjutkan ke Blogger, kalian akan dialihkan ke menu pembuatan “Blog Baru” dan silahkan klik.

Cara Membuat Blog Mudah

4. Pilih Judul dan Alamat Blog
Sekarang waktunya untuk menentukan judul dan alamat blog.

Cara Membuat Blog Mudah dan Gratis

  • Judul – Isi sesuai tema blog kalian, agar mudah terindex oleh google.
  • Alamat – Isi alamat blog dengan nama sesuka kalian, yang pasti mudah diingat misal: iniblogku.blogspot.com. (Kalau keluar tanda seru berwarna kuning pertanda bahwa nama itu sudah digunakan orang lain, silahkan gunakan alamat blog lain).
  • Template – Gunakan template standart yang sudah disediakan blogger, nantinya juga bisa diganti dengan template yang lebih menarik.
  • Klik “Buat Blog” – Silahkan klik untuk membuat blog dengan pilihan yang sudah kalian isi tadi dan blog akan siap digunakan.

Setelah kalian isi semuanya sesuai dengan data-data yang lengkap, kemudian akan dialihkan ke halaman Dashbord Blogger seperti dibawah ini yang siap untuk postingan pertama kalian.

Cara Membuat Blog atau Website Mudah dan Gratis

Cukup mudah sekali kan, itulah mengenai artikel tentang Cara Mudah Membuat Blog dan Website Gratis semoga dapat membantu kalian yang belum bisa membuat blog dan jangan lupa untuk selalu update blog kalian dan mengisi dengan artikel yang bermanfaat agar semakin banyak pengunjung blog kalian.

Baca :  Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

NB : Sebenarnya blog hanya berguna untuk membagikan sebuah artikel-artikel yang berbentuk tulisan, kegiatan harian dan juga foto-foto yang menarik, tidak disarankan sebagai blog jual beli, karena kalau kita ingin menjual barang kita secara online disarankan membuat website pribadi dengan nama sendiri, misalkan: jualanku.com.

Baca juga : Pengertian dan Manfaat Email