Cara Mengganti Rom Distributor ke Rom Global Xiaomi

Seringkali saya membeli smartphone xiaomi melalui online shop ataupun langsung datang ke toko-toko kebanyakan memakai rom distributor. Sebenarnya tidak ada masalah yang serius namun terkadang memberatkan jalannya smartphone, bagaimana tidak? Jika di rom distributor sudah dipasang beberapa aplikasi yang menurut saya sendiri kurang penting dan itu tidak dapat di uinstall dengan biasanya. Selain ada aplikasi yang kurang penting ada juga iklan yang sering muncul di halaman smartphone, itu menurut saya sangat mengganggu banget. Akhirnya saya berkeinginan menggantinya ke rom global xiaomi ataupun rom developer.

Beda dengan rom distributor, rom global selalu mendapatkan update terbaru yang resmi dari xiaomi official. Lalu bagaimana cara mengganti rom distributor ke rom global, rom china atau rom developer xiaomi? Sebenarnya banyak sekali cara untuk merubahnya, akan tetapi saya lebih suka cara yang lebih aman ini (rekomendasi dari xiaomi) meski lebih banyak step-stepnya, dan yang pastinya jangan lupa ikuti syarat-syarat yang akan saya berikan di bawah ini, agar dapat berjalan dengan lancar proses penggantian romnya.

Syarat untuk mengganti rom distributor ke rom global:

Smartphone xiaomi harus dalam keadaan unlock bootloader

Apa sih unlock bootloader itu? Bootloader adalah sebuah paket petunjuk untuk booting kernel sistem operasi dan kebanyakannya memiliki debugging atau lingkungan modifikasi sendiri-sendiri yang akan menginstruksikan kernel sistem operasi untuk booting secara normal. Jadi, jika kamu salah dalam menginstal custom rom, maka bisa berakibat fatal pada perangkatmu, itu dapat menyebabkan soft brick maupun hard brick.

Kenapa bootloader itu sebelumnya lock/terkunci? Bootloader dikunci supaya para penggunanya tetap memakai versi OS Android yang sengaja mereka rancang untuk perangkat tersebut. Dan kemudian pentingkah unlock bootloader itu? Jika kamu ingin melakukan root atau ingin melakukan pergantian rom (flash custom rom) maka bootloader dari rom asli perangkatmu harus di unlock terlebih dahulu, yang mana dapat memungkinkanmu untuk menginstal Firmware pada perangkat Android tersebut dan itu juga dapat membatalkan garansi untuk beberapa merk produk tertentu. Smartphone xiaomi sendiri tidak semuanya locked, jadi untuk melihat locked atau unlocked kamu bisa mengunjungi http://en.miui.com/a-234.html disini kalian bisa melihat tanda bintang yang terblok itu artinya locked, sedangkan yang tidak terblock itu unlocked (tidak terkunci).

Baca :  Alasan Mengapa Harus Memilih Xiaomi?

Dari sini sudah cukup mengerti kan fungsi dari unlcok bootloader. Sekarang kita lanjutkan bagaimana cara unlock bootloader xiaomi?

  • Silahkan kunjungi http://en.miui.com/unlock/ setelah itu pilih “Unlock Now”.
    Cara Mengganti Rom Distributor ke Rom Global Xiaomi
  • Kemudian kamu akan dialihkan ke halaman login, silahkan masukkan username/email/no hp dan password.
    Cara Mengganti Rom Global Xiaomi
  • Jika kamu belum pernah membuat nickname di forum xiaomi, maka akan dialihkan ke halaman untuk pembuatan nickname tersebut. Isi aja misalkan: ceritanjung93.
    Cara Mengganti Rom Developer Xiaomi
  • Halaman selanjutnya yaitu mengisi form dibawah ini secara lengkap dan jangan lupa masukkan nomer hp yang benar-benar aktif dan isikan alasan mengapa ingin unlock bootloader? Tuliskan “I’m used ROM distributor from Indonesia and i want change to ROM Global Official Xiaomi, please approve my request. Thanks”. Setelah itu klik “Apply Now”.
    Cara Mengganti Rom Xiaomi
  • Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke smartphone kamu dan setelah itu silahkan masukkan ke halaman di bawah ini kemudian klik tombol “Next”.
    cara unlock bootloader
  • Jika sudah dilakukan seperti di atas dengan baik dan benar, silahkan tunggu kurang lebih 15 menit. Kamu akan mendapatkan pesan masuk yang berisi “You’ve been granted the permission to unlock your device (Mi Account 158524…….). Download Mi Unlock Tool at http://en.miui.com/unlock/”. Kalau kamu belum menerima pesan silahkan tunggu kurang lebih 2 – 5 hari. Jika selama belum ada sms masuk berarti belum bisa untuk Unlock Bootloader. Jika sudah mendapatkan sms, mari kita lanjutkan ke step berikutnya.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi:

  • Silahkan kunjungi kembali http://en.miui.com/unlock/, kemudian pilih “Unlock Now” dan pilih “Download Mi Unlock” atau bisa langsung DOWNLOAD DISINI
    Cara Mengganti Rom Distributor Xiaomi
  • Selesai di download, jangan lupa di ekstrak terlebih dahulu. Kemudian jalankan miflash_unlock.exe
    Download Unlock Bootloader Xiaomi
  • Tekan tombol “Agree”
    proses unlock bootloader
  • Silahkan login menggunakan username/email/no hp dan password
    Login Miflash
  • Kemudian, buka “Pengaturan” pada smartphone, cari “About Phone” atau “Tentang Ponsel”. Dan tekan 7x “MIUI version”
  • Kembali ke pengaturan > Additional setting > Developer Option / Pengembangan > Kemudian aktifkan “USB Debugging”
  • Matikan hp sampai benar-benar mati, kemudian tekan Volume Bawah + Tombol power secara bersamaan sampai masuk ke “Fastboot Mode” yang ada gambar Mi Bunny
    Mi Bunny Xiaomi
  • Hubungkan HP ke PC menggunakan kabel USB
  • Kemudian tekan Unlock, tunggu sampai proses benar-benar selesai dan muncul “Unlocked Successfully”
    Unlock Bootloader Xiaomi
  • Pilih “Reebot Phone” untuk merestart hp
Baca :  Cara Menemukan Xiaomi yang Hilang Menggunakan MiCloud

Selesai juga proses unlock bootloader, cukup mudah kan. Sekarang kita lanjutkan ke tahap proses flashing rom distributor ke rom global xiaomi. Prosesnya lebih cepat dari unlock bootloader.

Cara mengganti rom distributor ke rom global

Setelah melakukan unlock bootloader, kita dapat mengganti rom distributor menggunakan beberapa metode, diantaranya yaitu dengan metode system update, recovery update dan fastboot update. Sedangkan yang akan saya jelaskan yaitu mengganti rom distributor ke rom global via fastboot. Oke, langsung saja hal-hal yang diperlukan dalam mengganti rom distributor ke rom global yaitu:

  1. Pastikan hp Anda sudah unlock bootloader, kalau belum silahkan baca lagi dari atas.
  2. Download MIUI ROM Flashing Tool
  3. Silahkan pilih dan download ROM Xiaomi yang kalian inginkan DISINI (Jika file berformat .gz silahkan rename dulu menjadi .tgz)
  4. Matikan hp sampai benar-benar mati, kemudian tekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan sampai masuk ke mode “Fastboot” yang ada gambar Mi Bunny.
  5. Silahkan buka rom yang sudah di download tadi dan ekstrak rom tersebut, seperti gambar di bawah ini
    Cara Flash Xiaomi
  6. Sekarang buka MIUI ROM Flashing Tool yang sudah di download tadi di nomer 2, lalu pilih select folder rom yang sudah di download tadi (nomer 3).
    MIUI Flashing Tool
  7. Colokkan USB hp ke laptop/komputer, klik tombol refresh sampai muncul device.
  8. Jika sudah silahkan klik tombol flash.
  9. Tunggu sampai proses benar-benar selesai, flash done (succes) atau jika smartphone kamu sudah restart silahkan cabut kabelnya dan tunggu sampai hp nyala seperti awal mula yaitu menentukan lokasi dan lain-lain.
    Cara Flashing ROM Xiaomi

Sekarang kamu sudah bisa menikmati rom global tanpa iklan, aplikasi aneh-aneh yang kurang penting dan juga akan selalu mendapatkan update terbaru jika xiaomi meluncurkan update terbarunya. Jika ada pertanyaan atau gagal dalam proses pergantian rom distributor ke rom global silahkan tinggalkan komen dibawah. Tutorial cara mengganti rom distributor ke rom global xiaomi sudah saya coba di beberapa type smartphone xiaomi diantaranya Xiaomi Note 2, Xiaomi Note 3, Redmi 2, Redmi 3 Pro, Redmi 3S, Mi 4.

Baca :  Cara Bermain Mobile Legends dan Memilih Hero Terbaik