Cara Mengetahui Kecepatan Loading Website

Pada tahun ini merupakan tahun yang paling banyak orang mengakses website menggunakan mobile dan aplikasi mobile, mungkin di tahun berikutnya bisa jadi lebih banyak. Untuk itu Anda harus dapat mempercepat website Anda dan menerapkan desain responsif, maka dari itu di tahun ini Anda harus lebih fokus untuk mengoptimalkan web mobile dengan kecepatan dan kinerja lebih baik.

Mengapa Anda perlu fokus pada web mobile? Dari setahun terakhir, saya mengamati pembaca web saya banyak mengalami pergeseran dari dekstop ke ponsel. Ponsel saya menggunakan koneksi Wi-fi dan sering juga menggunakan koneksi 3G untuk browsing internet. Sering kali saya menutup halaman website karena membutuhkan banyak waktu untuk memuatnya. Tidak seperti desktop yang multi-task (Multiple tab dibuka pada satu waktu), sedangkan di ponsel kita biasanya hanya melakukan satu tindakan pada satu waktu. Hal ini menjadi penting bagi Anda untuk memiliki web mobile yang baik dengan mengoptimalkan loading cepat dan kinerja yang bagus.

Disini saya akan membagikan cara mengetahui kecepatan loading website. Ini merupakan langkah awal yang baik bagi Anda untuk melihat bagaimana web mobile Anda berkerja dengan baik. Bersamaan dengan ini, Anda juga harus memeriksa analisis Google dengan melihat laporan berapa banyak waktu dan tingkat bouncing pembaca mobile. Pertama, mari kita lihat website yang menawarkan untuk melihat kecepatan loading sebuah web mobile.

Berikut ini 2 Cara Mengetahui Kecepatan Loading Website:

1. GTMetrix

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Website

GTmetrix menawarkan pengujian loading web mobile di perangkat Android. Untuk mencoba ini, Anda perlu membuat account secara gratis di situs GTMetrix kemudian dari dashboardnya Anda dapat memilih “Chrome, Android, Galaxy Nexus” untuk menguji waktu loading web. Untuk saat ini, pengujian masih beta dan pemeriksaan hanya dapat dilakukan untuk perangkat Android.

Baca :  Pengertian dan Sejarah Website

Jika situs Anda tidak menggunakan desain responsif atau web mobile, Anda harus memeriksa waktu loading website di kecepatan lambat (kecepatan 3G atau 2G).

2. Google Page Speed Insights

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Website Google Page Speed Insights

Ini adalah alat resmi yang dikeluarkan oleh Google dan tidak menguji waktu loading web mobile, melainkan alat pengujian kinerja. Ketikan menggunakan Google Page Speed Insights, Anda akan mendapatkan saran untuk memperbaiki situs web mobile Anda. Ini akan menunjukkan saran yang sangat penting, membutuhkan perhatian dan hal-hal yang sempurna. Saya menyadari beberapa masalah dengan web mobile saya setelah menggunakan ini juga. Anda perlu menjalankan tes untuk website dan melihat bagaimana kinerjanya. Alat ini kebanyakan ditujukan untuk pengembang, dan ketikan Anda menyewa seseorang untuk mengembangkan website, lakukan pengujian kinerja web Anda di sini, dan minta pengembang untuk memperbaiki semua masalah yang ditemukan oleh alat ini.

Saat ini, hanya ada dua situs diatas yang dapat Anda gunakan sebagai penguji web mobile dan kecepatan loading website. Saya berharap dalam beberapa hari kedepan akan ada alat yang lebih ditargetkan untuk web mobile. Untuk saat ini silahkan coba ke alamat diatas untuk menguji web mobile Anda dan semoga mendapatkan hasil yang bagus.