Berapa RKT Laman yang Aman pada Google Adsense?

Lama ya saya tidak membahas mengenai Google Adsense, pada kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai RKT laman pada Adsense dan berapa sih RKT laman yang aman agar terhindar dari banned? Pasti bagi anda yang bergelut dalam jaringan periklanan (publihser) bakal tidak asing lagi mendengar kata RKT, BPK dan RPM.

Apa sih RKT Laman itu?

RKT laman merupakan kepanjangan dari (Rasio Klik Tayang) yang mana memiliki peran penting untuk menjadi parameter pengukuran tingkat keberhasilan sebuah iklan Google Adsense, jadi persentase jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan, apabila nilainya semakin tinggi maka sangat banyak yang mengklik iklan tersebut. Tapi jangan terlalu senang jika RKT anda terlalu tinggi lebih dari 10%, kenapa? Nanti akan saya jelaskan dibawah.

RKT Laman yang Aman pada Google Adsense

Sebagai contoh penghitungan RKT laman, jika ada 25 klik iklan pada blog anda sedangkan jumlah iklan tayang yaitu 1000. Maka hitungannya seperti berikut ini (25:1000) x 100 = 5%. Dan ini masih dapat disimpulkan aman karena dibawah 10%.

Seberapa Penting RKT Laman pada Adsense dan Earning?

Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa RKT laman memiliki peran penting dalam penghitungan sebuah iklan, semakin tinggi nilai RKT laman sebuah blog menandakan bahwa banyak orang yang sering mengklik iklan dan akan membuat pendapatan adsense semakin meningkat dengan catatan apabila BPK (Biaya Per Klik) iklan yang dikliknya tinggi. Akan tetapi jika nilai RKT laman yang terlampau tinggi diatas 10% maka akan berakibat kurang baik terhadap akun Adsense anda, bisa-bisa putus hubungan dengan Google.

Anda akan dianggap dengan sengaja memanipulasi klik iklan ataupun spam, kecuali memang klik iklan tersebut valid dilakukan oleh pengunjung jadi tidak ada masalah. Dan perlu anda ketahui bahwa RKT yang tinggi dapat menyebabkan harga BPK menjadi rendah, karena Google mempunyai sebuah sistem yang dinamakan smart pricing.

Google Adsense akan mengetahui pengunjung yang datang ke halaman blog dengan sengaja hanya berniat mengklik sebuah iklan dan mereka juga memiliki hitungan yang sangat rasional terhadap RKT. Seperti penilaian terhadap click fraud (klik tidak disengaja) yang tidak dapat menghasilkan value earning apabila ada pengunjung yang datang hanya untuk mengklik iklan saja tanpa membaca sebuah konten yang ada dalam halaman blog tersebut. Jangan heran kalau pernah melihat saldo penghasilan anda tiba-tiba berkurang hanya dalam waktu beberapa detik, itu pasti terjadi karena invalid click (klik tidak disengaja).

Baca :  Langkah Sukses dalam Membangun Digital Marketing

Cara Meningkatkan RKT Laman dengan Aman

Ada ya, cara meningkatkan RKT yang tinggi dengan aman? Semua itu bisa didapatkan dengan mudah dan dengan cara yang baik, diataranya yaitu:

  • Meningkatkan trafik organik pada blog dengan memperhatikan kualitas artikel dan topiknya yang seolah mempromosikan apa yang diiklankan oleh Google Adsense. Misalkan artikel tentang trading, kemudian iklan yang muncul adalah iklan forex atau binary, maka inilah yang akan menarik minat pembaca karena sesuai dengan bacaan mereka. Sehingga akan memiliki potensi klik iklan sangat besar yang akan berdampak kepada value RKT.
  • Semakin banyak yang mengunjungi blog anda maka jumlah tampilan (pageview) otomatis meningkat. Kemudian akan berdampak pada rasio klik tayang iklan menjadi lebih stabil dan aman.
  • Tempatkan iklan yang tepat, sehingga dapat terlihat jelas oleh pengunjung dan memiliki potensi yang besar untuk diklik. Perhatikan juga dengan ukuran iklan yang sangat berpengaruh karena jika ukurannya tidak sesuai maka pengunjung akan merasa terganggu dan jangan sekali-kali menempatkan iklan yang menghalangi konten karena biasanya akan membuat orang kecewa dan mereka pasti akan segera meninggalkan blog tersebut, selain itu juga dilarang oleh kebijakan Google Adsense yang berkaitan dengan penempatan iklan.
  • Untuk menghindari dari bom klik yang dapat menyebabkan invalid click, sebaiknya anda menggunakan script anti bom klik. Yang bertujuan untuk menghindari resiko pelanggaran yang disebabkan oleh pengunjung iseng.
  • Dan yang terakhir ini perlu anda garis bawahi. Jangan pernah menggunakan cara yang curang untuk meningkatkan klik iklan, misalkan menyuruh orang lain untuk mengklik iklan atau mengkliknya sendiri, percayalah suatu saat akan terbanned akun anda dan jika terlanjur sebaiknya jangan dilanjutkan. Google dapat memahami terhadap setiap klik yang tidak relevan (invalid click).